Kiat Sukses Berbisnis Ala Sahabat Abdurahman Bin Auf

Cara Abdurahman bin Auf dalam menguasai  pasar madinah


Assalamualaikum sahabatku dimanapun anda berada.

Mengapa  sulit sekali mengakses kisah sukses sahabat Abdurrahman bin auf ? terutana tentang cara Abdurahman bin Auf ini  mencapai kesuksessan. Jika Abdurrahman bin Auf hijrah dari mekah ke madinah tanpa membawa harta sepeserpun, mengapa dalam satu bulan beliau bisa memberikan mahar emas seberat biji kurma? mari kita reviuw sejenak kisah ini :

Saat terjadi peristiwa hijrahnya Abdurahman bin Auf  dari mekah ke madinah, beliau beserta kafilahnya dihadang oleh suku Qurais, dan hartanya dirampas, sehingga Abdurrahman bin auf datang kemadinah dengan modal nol.

Mungkin akan banyak fersi tentang cerita ini namun yang menjadi jumhur dan kita semua tahu abdurrahman bin Auf di madinah tidak memiliki apa-apa, beliau benar-benar nol besar dalam hal permodalan.

Pada saat terjadi peristiwa persaudaraan antara sahabat muhajirin dan anshar Abdurrahman ditawari oleh sahabatnya untuk diberikan sebidang tanah, istri, dan beragam pilihan oleh sahabatnya. sa'ad kalau tidak salah. Namun dengan tegas beliau menolak hal tersebut, menolak dengan penuh keindahan. Inilah sifat kemandirian Abdurahman bin Auf. dan dari sini cerita ini dimulai.

Abdurahman memiliki modal Optimisme yang kuat,

"dimana letak pasar " 

Inilah jawaban dari Abdurahman bin auf ketika ditawari tanah dan istri oleh sahabatnya. Dengan kepandaianya beliau mulai berniaga disana. Baru saja satu bulan beliau berniaga. beliau mendatangi Rasulullah. "ya Rasul saya ingin menikah'' Abdurahman bin auf mengutarakan niatnya untuk menikah dan beliau memberikan mahar emas dengan berat satu butir kurma.

Bukan hanya itu, tiga puluh dua tahun kemudian beliau menjadi sahabat yang super kaya, dengan kekayaan yang melimpah ruah, bahkan beliau membagi-bagikan hartanya kepada veteran perang badar dan itu belum habis. 

Ingat sahabat ku Abdurahman bin auf datang tanpa modal uang, namun beliu bisa sukses. hal yang dilakukan  Abdurahman bin Auf adalah inovasi yang belum pernah terjadi sebelumnya. model niaga dan bisnis beliau selalu ber etika dan selalu menguntungkan semua pihak. kita sebut saja ketika beliau mendirikan pasar di madinah. 

Madinah dengan sistem terdahulu masih memberatkan  bagi sebagian orang.  karena untuk berjualan di madinah saat itu pedagang harus membayar kios dimuka. tentu saja ini memberatkan bagi sebagian pedagang. apalagi jika daganganya tidak laku maka tentu  beban pedagang di madinah semakin tinggi dan ini menyebabkan komoditas barang dagang disanaa menjadi mahal, karena pedagang harus membayar  sewa kios yang mereka duduki.

dengan bijaknya Abduraahman bin Auf membaca peristiwa ini dan beliau mendirikan pasar di madinah dengan sistem syariah. yaitu bagi hasil untuk pemilik kios. bahkan jika pedagang hari itu tidak tidak mendapat keuntungan maka tidak segan Abdurahman Bin Auf untuk menggratiskan kiosnya pada hari itu.

Maka di pasar Abdurrahman bin auf ini semakin ramai saja karena barang dagangan disini menjadi lebih murah. komoditas perdagangan disini menjadi murah karena pedagang tidak harus pusing memikirkan beratnya beban sewa kios yang tinggi. dan alhasil hal ini berimbas kepada pasar Abdurahman bin Auf ini.

inilah salah satu kisah teladan dari beliau semoga kita bisa menjadi pribadi yang mampu membaca situasi masalah menjadi situasi yang membawa manfaat.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kiat Sukses Berbisnis Ala Sahabat Abdurahman Bin Auf"

Posting Komentar