Enam Persiapan yang Harus Dipersiapkan Sebelum Pementasan Sebuah Drama Dilakukan

Drama adalah sebuah karya seni yang sangat indah untuk disaksikan. akan tetapi dibalik keindahan pentas seni ini ternyata membutuhkan banyak sekali persiapan yang harus dilakukan. Adapun persiapan yang perlu dilakukan sebelum pementasan drama adalah sebagai berikut.

1.  dekorasi panggung


Seni dekorasi panggung adalah salah satu kegiatan yang paling rumit dan memakan banyak waktu ketika kita akan melakukan pementasan karya seni ini.

Karena dekorasi harus disesuaikan dengan tema dan juga setting dari sebuah drama yang akan kita pentaskan. Selain kesesuaian dengan tema yang akan di pentaskan seni dekorasi juga sebaiknya harus memikirkan tentang tata letak sound system dan juga jumlah pemain yang akan berpentas di dalam panggung tersebut. agar segala pemain bermain dengan baik dan karakter yang mereka miliki akan semakin kuat.

2. Persiapan aktor dan peralatan pentas


Persiapan aktor tidak kalah pentingnya ketika akan menyajikan sebuah pentas drama. bahkan bisa dikatakan persiapan aktor adalah yang paling utama. Oleh karena itu persiapan untuk sebuah drama bisa memakan waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan ketlika tahap trainingnya.

Karena seorang aktor harus menjiwai peran yang dimainkan di mulai dari mimik wajah sampai dengan gestur dan suara. Selain itu untuk memperkuat penokohan maka yang dibutuhkan properti lainnya ketika melakukan sebuah drama dan ini harus dipersiapkan dengan sangat matang.

3.  Persiapan kostum


Kostum adalah salah satu peralatan peragaan drama yang tidak boleh terlewatkan. karena dengan bagusnya (maching) kostum yang dipakai akan memperkuat karakter setiap penokohan. sehingga karakter yang dimainkan akan lebih mengena dan akan lebih terasa. sehingga alur  dalam cerita lebih terasa dan lebih menyentuh pemirsa yang menyaksikannya.

4. Persiapan tata rias


Tata rias juga tidak kalah pentingnya dengan seni dekorasi dan juga kostum. Karena tata rias yang sesuai dengan karakter yang dimiliki oleh pemain akan dengan mudah untum menjiwai penokohan yang sedang Iya perankan. dan akan lebih bisa menjiwai setiap gerakan dan setiap ekspresi yang ditunjukkan baik di raut muka maupun dalam cara pandang dan lain sebagainya. Oleh sebab itu tata rias yang baik akan ikut membantu suksesnya permainan drama teater untuk menarik simpati dari pemirsa.

5. Persiapan lighting


Tata rias kostum dan juga dekorasi akan kurang sempurna jika tidak dilengkapi dengan lighting yang baik. Linghting yang baik akan semakin membuat setting menjadi lebih hidup, dengan lighting yang baik akan membuat pemain-pemain akan lebih terfokus menjadi pusat perhatian pemirsa. dengan lighting yang baik menciptakan suasana setting yang sesuai dengan alur cerita yang ada di dalam sebuah alur drama yang sedang diperankan.

6. Persiapan data suara


Tata suara sangat penting dalam setiap pementasan drama. karena dalam sebuah permainan drama membutuhkan penjiwaan yang dalam, membutuhkan suasana yang sesuai dengan alur dan setting yang ada.

dengan tata suara yang baik akan menjadikan drama lebih hidup dan seakan-akan pemirsa sendirilah yang mengalami sebuah cerita yang sedang diperankan dalam drama tersebut. oleh sebab itu tata suara yang baik juga sangat menentukan suksesnya penampilan sebuah drama.


# jika ada pertanyaan Silahkan tulis di kolom komentar
Semoga bermanfaat kawan

Postingan terkait:

3 Tanggapan untuk "Enam Persiapan yang Harus Dipersiapkan Sebelum Pementasan Sebuah Drama Dilakukan"

  1. berguna sekali artikel anda

    BalasHapus
  2. berguna sekali artikel anda

    BalasHapus
  3. ok sama-sama selamat berkunjung dan jangan sungkan untuk selalu berbagi

    BalasHapus