9 Kata Mutiara Sahabat Ali Tentang Ilmu Serta Kelebihannya

Menguji Kecerdasan sahabat Ali k.w.


Nabi pernah bersabda " Akulah kota ilmu sedangkan Ali gerbangnya"

Mendengar hal ini ada sebagian orang yang ingin menguji sahabat Ali, orang-orang yang ahli dalam berdebat dan bertanya berkumpul. Mereka bersepakat untuk menanyakan satu hal saja akan tetapi secara bergilir, Benarkah jawaban sahabat Ali akan berbeda-beda, jika jawaban Ali berbeda antara satu penanya dan penanya yang lainnya maka benarlah sabda Nabi jika sahabat Ali adalah gerbangnya ilmu.

Datanglah orang pertama yang menguji sahabat Ali dengan bertanya wahai Ali apakah yang lebih utama apakah ilmu atau harta. 
"Tentu ilmu" jawaban Ali   
Mengapa
"Ilmu itu warisan para nabi sedangkan harta itu warisan Qorun, Sadad, Firaun dan sebagainya".
 mendengar jawaban itu orang pertama ini pergi.

Datanglah orang kedua dengan pertanyaan yang sama, Sahabat Ali pun menjawab bahwa ilmu lebih utama
 "Mengapa"
 "Ilmu itu menjagamu tapi harta Justru kau yang menjaga nya".

Kemudian datanglah orang yang ketiga, Ali pun menjawab "Pemilik harta punya banyak musuh sedang orang yang miliki ilmu punya banyak teman"

"Jika kau pergunakan uang, uang akan susut tapi jika ilmu yang kau pergunakan ia malah bertambah" inilah jawaban Ali kepada orang yang keempat

"Pemilik harta akan ada yang menyebutnya orang pelit dan rakus, sedang pemilik ilmu selalu dianggap mulia dan dihormati"  inilah jawaban Ali kepada orang yang ke lima

"Harta selalu dijaga dari pencuri sedang ilmu tidak perlu dijaga".  Inilah jawaban kepada orang yang ke-enam

"Pemilik harta akan dihisab di hari kiamat sedang pemilik ilmu akan diberi Syafaat" Inilah jawaban kepada orang yang ke tujuh

"Dalam kurun waktu yang lama harta akan lenyap jika dibiarkan tapi ilmu tidak, ia Abadi." Inilah jawaban pada orang yang kedelapan.

Kemudian datanglah orang yang kesembilan dengan pertanyaan yang sama, sahabat Ali pun menjawab "harta itu mengeraskan hati, sedang ilmu menyinari hati"

Setelah banyak orang yang bertanya kepada sahabat Ali untuk menguji, Akhirnya datang lah orang yang terakhir dengan pertanyaan yang sama. sahabat pun menjawab "Pemilik harta dipanggil besar hanya karena harta, sedang pemilik ilmu dianggap intelektual".

Seandainya kalian datangkan semua orang untuk bertanya tentang soal ini akan saya jawab secara berbeda selagi saya hidup. akhirnya mereka pun menyerah dan pulang dan mereka pun mengakui hadis dari Nabi tersebut.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "9 Kata Mutiara Sahabat Ali Tentang Ilmu Serta Kelebihannya"

Posting Komentar