2 Hal yang Bisa Membuat Kamu Stress dan Cara Menghindarinya

Stress adalah salah satu masalah yang akan dialami oleh setiap orang. Stress berbeda dengan gila karena stress artinya tekanan yang membuat pikiran seseorang menjadi galau, gundah, gelisah dan hilang fokus. Berikut ini adalah 2 hal yang biasanya membuat seseorang menjadi mudah stress yaitu :

1. Tidak ada kegiatan


Manusia memang makhluk yang sangat unik, Jika dia memiliki banyak sekali beban pekerjaan dia bisa stress. Jika dia tidak memiliki pekerjaan sama sekali bahkan tidak memiliki kegiatan dia juga akan strees.

Oleh karena itu format yang terbaik adalah mengatur jadwal kegiatan kita sendiri. Misalkan kita sedang tidak ada kegiatan kantor libur, kuliah libur. tidak ada kegiatan sama sekali maka agar tidak stress kita harus membuat agenda kita sendiri. Entah itu rekreasi, naik gunung bermain sepeda dan kegiatan-kegiatan kecil lainnya yang bisa kita lakukan sehingga kita tidak akan mengalami stress dan jenuh.

2.  Terlalu banyak kegiatan


Berbeda dari masalah yang pertama, karena tidak ada kegiatan bisa membuat orang stress. yang kedua ini justru sebaliknya contoh. Ketika kita berada di kampus, makalah bertumpuk-tumpuk persentasi 1 hari bisa 5 kali, atau ketika kita berada di kantor jadwal lembur yang sangat luar biasa dan harus selesai pada waktu yang telah ditentukan. Hal ini akan menjadi perantara yang akan membuat kita stress.

Yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana solusinya agar keluar dari stress karena terlalu banyak kegiatan ? Solusinya adalah dengan membuat sistem prioritas kerja. Kita membuat agenda kita sendiri. Jadi kita harus memprioritaskan masalah atau tugas mana yang harus kita selesaikan lebih dahulu.

Kemudian kita buat sistem peringkat dengan agenda dan penjadwalan serta target waktu yang kita buat. Hal ini akan membuat kerja kita lebih sistematis dan terarah. sehingga kita bisa fokus pada satu bidang dan setelah selesai satu tugas. kita bisa menyeselesaikan urusan yang lain. Hal ini akan membuat kita lebih rileks dan tidak setress.

Karena stres terjadi karena tumbukan impuls dalam otak antara masalah dan masalah yang lain. Padahal kalau kita buat sistem penjadwalan kita akan bekerja lebih maksimal, karena otak akan lebih fokus dan terarah.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "2 Hal yang Bisa Membuat Kamu Stress dan Cara Menghindarinya"

Posting Komentar