Belajar Tawadhu dari Sang Bintang yang Nampak Rendah Meski Dia Berada dalam Ketinggian

Sang Bintang Guru Bagi Pencari Kedamaian dan Kesederhanaan Tawadhu



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sahabatku mitra treni, rekan blogger dan para pembaca yang saya hormati, pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan mencoba bercerita tentang sang bintang. Bintang dalam ilmu sains fisika dan pengamatan luar angkasa dinyatakan sebagai objek luar angkasa yang memiliki kapasitas besar yang luar biasa. Bintang bisa lebih besar beribu-ribu kali lebih besar daripada bumi yang kita diami ini.

Akan tetapi karena saking jauhnya dari bumi sang bintang hanya nampak begitu kecil, bahkan bagaikan  kilauwan berkas cahaya yang tidak lebih besar dari kilauan cahaya korek api. Apalagi jika kita memandang lautan di tengah malam, bintang akan nampak sangat rendah, berada di bawah kaki kita.

Bintang nampak begitu rendah padahal sejatinya dia sangatlah tinggi. Ada hikmah dan pelajaran dari semua itu bagi kita yang mau berpikir dan menghayati. Yaitu setinggi apapun pendidikan kita, seberapapun tinggj keilmuan kita. kita harus tetap belajar dari sang bintang.

Yaitu hidup seperti masyarakat biasa saja dengan tidak menyombongkan diri, dengan tidak membangga-banggakan keilmuan yang kita miliki. Jadilah sang bintang yang nampak rendah meski dia berada dalam ketinggian.

Satu pelajaran penting yang perlu kita petik dari sang bintang, yaitu tekhnik pengajaran yang ia berikan kepada nelayan. Bintang mengajari nelayan tentang arah pulang. Bintang dengan ketinggian dan kebesaran cahaya yang dia miliki dia hanya menampakkan sebagiannya saja, bintang hanya menampakkan seberkas kecil cahaya yang dia berikan kepada nelayan , ekedar sebagai petunjuk jalan pulang.

Demikina halnya kita seharusnya bertindak yaitu menyampaikan ilmu kita dengan memperhatikan tingkatkan ilmu orangyang bertaya, sehingga ilmu yang sampai kepada mereka pas seperti tingkatan yang mereka miliki. Sehingga ilmu yang kita sampaikan akan lebih mengena dan mudah dipahami sehingga tidak menimbulkan salah persepsi yang dapat menimbulkan kesesatan.

Dibawah ini ada artikel yang penuh makna yang saya kutip dari beranda sahabatku Ghofur tok semoga bermanfaat.

ﺗﻜﻦ ﻛﺎﻟﻨﺠﻢ ﻻﺡ ﻟﻨﺎﻇﺮ # ﻋﻠﻰ ﺻﻔﺤﺎﺕ ﺍﻟﻤﺎﺀ، ﻭﻫﻮ ﺭﻓﻴﻊ


Jadilah laksana bintang, yang terlihat rendah di permukaan air, tetapi sesungguhnya ia berada di tempat yang tinggi.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Belajar Tawadhu dari Sang Bintang yang Nampak Rendah Meski Dia Berada dalam Ketinggian"

Posting Komentar