Mengenal Tiga Jenis Shalat Sunnah yang Dilakukan Secara Berjamaah

Tiga shalat sunnah yang dilakukan secara berjamaah


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Mitra treni, sahabat blogger dan para pembaca yang saya hormati, Pada kesempatan kali ini kita akan belajar tentang 3 jenis shalat sunah yang dilakukan secara berjamaah. Shalat sunnah itu ada yang dikerjakan sendiri atau munfarid dan ada yang dikerjakan secara berjamaah.

 Adapun shalat berjamaah itu berarti shalat sunah yang dilakukan secara bersama-sama yang terdiri atas imam dan makmum. Imam adalah seorang yang menjadi pemimpin dalam sholat dan berdiri paling depan. Imam sebaiknya adalah seorang yang fasih atau lebih baik dalam bacaan Al Quran.

Seorang imam di isyaratkan sudah baliq, dewasa dan paham tata cara sholat. Sedangkan seorang makmum adalah orang yang berada di belakang Imam, mengikuti gerakan imam dan tidak boleh mendahului dari gerakan imam.

Seorang makmum juga harus berniat menjadi makmum, seorang laki-laki boleh dimakmumi oleh perempuan maupun laki-laki, akan tetapi seorang Imam perempuan hanya boleh dimakmumi oleh perempuan pula. Sekarang kita masuk pada inti pembahasan yaitu sholat sunnah yang dilakukan secara berjamaah.

1. Sholat Id atau Idain


Shalat sunnah idain ini ada dua macam yaitu shalat sunnah pada saat Idul Fitri dan salat sunah saat Idul Adha atau hari raya Qurban.

Sholat Idul Fitri dilaksanakan pada tanggal satu Syawal sedangkan shalat Idul Adha dilaksanakan pada tanggal 10 zulhijah.  Kedua shalat sunnah ini dilaksanakan secara berjamaah yang biasanya dilaksanakan bersama-sama baik di dalam masjid maupun di lapangan.

2. Shalat gerhana


Shalat gerhana adalah shalat yang dilakukan ketika terjadi gerhana, baik itu gerhana bulan maupun gerhana matahari. Shalat ini dilakukan secara berjamaah. Shalat Gerhana ini dikerjakan untuk mengingat bahwa kekuasaan Allah sangat sangat luar biasa dan untuk menyadari bahwa manusia adalah makhluk yang sangat lemah dihadapan Allah swt.

3. Sholat Istiqo


Sholat istiqo dilakukan ketika sebuah negeri tertimpa kekeringan yang amat panjang dan shalat ini ditujukan untuk meminta kepada Allah swt agar menurunkan hujan di negeri tersebut.

Pada saat yang lalu negeri kita juga tertimpa kekeringan yang amat panjang dan para ulama serta umat melakukan shalat Istiqo bersama  di beberapa daerah. Inilah tiga jenis shalat  sunah yang dilakukan secara berjamaah.



# jika ada pertanyaan Silahkan tulis di kolom komentar
Semoga bermanfaat kawan

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Tiga Jenis Shalat Sunnah yang Dilakukan Secara Berjamaah"

Posting Komentar