Belajar Hidup dari Lebah yang Selalu Membawa Manfaat Dimanapun Dia Berada

Hiduplah Laksana Lebah yang Selalu Membawa Faidah


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Sahabat blogger, rekan treni dan para pembaca yang saya hormati,  Pada kesempatan kali ini saya mengajak teman-teman untuk merenung dan menghayati tentang kisah hidup seekor lebah. Lebah adalah makhluk unik yang tidak pernah meninggalkan cela dan kemudharatan, akan tetapi lebah adalah makhluk kecil yang selalu membawa manfaat di manapun ia berada.

Mari berfikir kawan, lebah adalah hewan percontohan yang patut kita renungkan. Dari cara makan, sampai dengan membangun rumah, lebah memiliki kecerdasan yang sangat luar biasa. Bahkan lebah rela mati untuk melindungi koloniya. Ingat kawan ketika lebah menyengat, berarti ketika itu pula nyawanya melayang.

Lebah rela menempuh puluhan mill untuk mencari bunga terbaik, bahkan lebah harus bersusah payah untuk mencari sari bunga terbaik. Lebah hanya mengambil dari yang terbaik dan lebah tidak mau mengambil dari yang buruk, lebah hanya mau makan sari bunga yang terbaik dan tidak mau hinggap di bunga yang terkena pestisida ataupun racun lainnya.

Ketika lebah selesai memakan sari dari bunga yang dihadapi, dia tidak meninggalkan kemudharatan bagi sang bunga. Akan tetapi sang lebah membawa manfaat kepada bunga yang dihinggapinya dengan membantu penyerbukan pada sang bunga, hingga menempelnya serbuk sari dan putik sari yang akan menghasilkan biji.

Seharusnya kita sebagai manusia dapat mencontoh perilaku lebah ini, dimanapun kita berada kita harus membawa manfaat pada sesama dan lingkungan, di mana pun kita bekerja kita harus berikan manfaat kepada sesama dan juga atasan. Bukan malah menjadi kerusakan, Madarat dan  kesia-siakan. Mari kita mulai belajar memahami cara hidup lebah yang tiada lelah dan tiada pernah meninggalkan kerusakan di dunia ini.

Ada istilah penting yang perlu kita renungkan yang saya ambil dari beranda sahabatku ghofur tox seperti di bawah ini.

ﻛﻦ ﻓﻲ ﺍﻟﺪﻧﻴﺎ ﻛﺎﻟﻨﺤﻠﺔ : ﺇﻥ ﺃﻛﻠﺖ ﺃﻛﻠﺖ ﻃﻴﺒﺎ، ﻭﺇﻥ ﺃﻃﻌﻤﺖ ﺃﻃﻌﻤﺖ ﻃﻴﺒﺎ، ﻭﺇﻥ ﺳﻘﻄﺖ ﻋﻠﻰ ﺷﻲﺀ ﻟﻢ ﺗﻜﺴﺮﻩ ﻭﻟﻢ ﺗﺨﺪﺷﻪ


Hiduplah di dunia ini laksana lebah: jika makan, ia makan yang baik; jika memberi makan, ia memberi yang baik, jika terjatuh, ia tidak merusak dan menodai sesuatu.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Belajar Hidup dari Lebah yang Selalu Membawa Manfaat Dimanapun Dia Berada"

Posting Komentar