Mari kita melihat di kehidupan kita sehari-hari ketika ibu
rumah tangga mencuci pakaian dengan mesin cuci. Biasanya deterjen bubuk akan
berkumpul di salah satu baju mereka dan deterjen ini tidak mencair. Karena
deterjen bubuk ini tidak mencair ketika dibuka untuk dijemur maka baju akan
nampak putih-putih menggumpal dan hal ini sangat tidak disukai oleh ibu
rumah tangga.
Dan entah dari siapa yang
memberitahu hal ini kepada perusahaan, perusahaan seakan mengetahui masalah
tersebut. Kemudian muncullah karya terbaru yaitu deterjen liquid yang bersifat
cair. Dengan dikeluarkannya
deterjen liauid ini masalah serbuk deterjen yang tidak mencair dan menggumpal
di baju sudah teratasi dan tentunya ibu-ibu rumah tangga akan memilih deterjen
Liquid ini sebagai solusi saat mencuci. Diterjen jenis sekarang laris manis digunakan
oleh ibu rumah tangga.
Deterjen ini selain dibuat menjadi
cair juga diberi pengharum, sehingga ibu rumah tangga ketika membeli di diterjen
seperti ini bisa menghemat biaya. Dia tidak harus memberi pengharum pakaian. Inilah inovasi-inovasi yang
dikeluarkan oleh perusahaan-perusahaan besar dalam bersaing ketika mereka
mengeluarkan produknya.
Mereka begitu tanggap dengan
keluhan dan masalah yang dihadapi konsumen. Mereka tidak mengganggap masalah
yang dihadapi konsumen adalah masalah kecil akan tetapi mereka menganggap bahwa
masalah itu harus segera diselesaikan. Ternyata setiap masalah yang
dialami oleh pelanggan mereka akan memunculkan sebuah inovasi baru, produk
baru, dan bahkan nilai ekonomi baru yang bisa menggeser pesaing mereka.
Oleh sebab itu hal ini menyebabkan
kita mulai sadar jika ternyata di dunia online pun demikian.
Perusahaan-perusahaan besar mulai meriset kesukaan-kesukaan yang di inginkan
oleh pelanggan mereka, keluhan mereka dan juga solusi dari masalah yang mereka
hadapi. Jika anda temui di internet
banyak sekali survei-survei online yang bahkan berani membayar anda ketika anda
mau mengisi survey online tersebut.
Inilah bisnis skala besar yang
mereka juga bersaing dengan orang-orang yang menjalankan bisnis dalam skala besar. Kalau mereka kalah dalam inovasi, kalah dalam ulasan produk terbaru, dan kalah
dalam kehebatan mengatasi masalah. Bisa saja mereka yang tergeser oleh
perusahaan yang lainnya.
Inilah cara perusahaan besar dalam
menanggapi keluhan dari pelanggan mereka. bagaimanakah cara kita
melayani pelanggan kita, Apakah hal ini akan menjadi masukan untuk perkembangan
bisnis kita atau kita justru marah dan menghardik mereka? salam jumpa sampai bertemu di
postingan selanjutnya.
Belum ada tanggapan untuk "Perusahaan Besar Sangat Responsif Terhadap Keluhan Para Pelanggannya"
Posting Komentar