Perusahaan Besar Sangat Responsif Terhadap Keluhan Para Pelanggannya

Mari kita melihat di kehidupan kita sehari-hari ketika ibu rumah tangga mencuci pakaian dengan mesin cuci. Biasanya deterjen bubuk akan berkumpul di salah satu baju mereka dan deterjen ini tidak mencair. Karena deterjen bubuk ini tidak mencair ketika dibuka untuk dijemur maka baju akan nampak putih-putih menggumpal dan hal ini sangat tidak disukai oleh ibu rumah tangga.

Dan entah dari siapa yang memberitahu hal ini kepada perusahaan, perusahaan seakan mengetahui masalah tersebut. Kemudian muncullah karya terbaru yaitu deterjen liquid yang bersifat cair. Dengan dikeluarkannya deterjen liauid ini masalah serbuk deterjen yang tidak mencair dan menggumpal di baju sudah teratasi dan tentunya ibu-ibu rumah tangga akan memilih deterjen Liquid ini sebagai solusi saat mencuci. Diterjen jenis sekarang laris manis digunakan oleh ibu rumah tangga.

Deterjen ini selain dibuat menjadi cair juga diberi pengharum, sehingga ibu rumah tangga ketika membeli di diterjen seperti ini bisa menghemat biaya. Dia tidak harus memberi pengharum pakaian. Inilah inovasi-inovasi yang dikeluarkan oleh perusahaan-perusahaan besar dalam bersaing ketika mereka mengeluarkan produknya.

Mereka begitu tanggap dengan keluhan dan masalah yang dihadapi konsumen. Mereka tidak mengganggap masalah yang dihadapi konsumen adalah masalah kecil akan tetapi mereka menganggap bahwa masalah itu harus segera diselesaikan. Ternyata setiap masalah yang dialami oleh pelanggan mereka akan memunculkan sebuah inovasi baru, produk baru, dan bahkan nilai ekonomi baru yang bisa menggeser pesaing mereka.

Oleh sebab itu hal ini menyebabkan kita mulai sadar jika ternyata di dunia online pun demikian. Perusahaan-perusahaan besar mulai meriset kesukaan-kesukaan yang di inginkan oleh pelanggan mereka, keluhan mereka dan juga solusi dari masalah yang mereka hadapi. Jika anda temui di internet banyak sekali survei-survei online yang bahkan berani membayar anda ketika anda mau mengisi survey online tersebut.

Inilah bisnis skala besar yang mereka juga bersaing dengan orang-orang yang menjalankan bisnis dalam skala besar. Kalau mereka kalah dalam inovasi, kalah dalam ulasan produk terbaru, dan kalah dalam kehebatan mengatasi masalah. Bisa saja mereka yang tergeser oleh perusahaan yang lainnya. 

Inilah cara perusahaan besar dalam menanggapi keluhan dari pelanggan mereka. bagaimanakah cara kita melayani pelanggan kita, Apakah hal ini akan menjadi masukan untuk perkembangan bisnis kita atau kita justru marah dan menghardik mereka? salam jumpa sampai bertemu di postingan selanjutnya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Perusahaan Besar Sangat Responsif Terhadap Keluhan Para Pelanggannya"

Posting Komentar