Kenapa Seorang Anak Akan Lebih Cepat Faham Ketika Belajar dengan Teman Sebayanya

Seorang anak yang belajar berkendara sepeda motor dengan temannya akan lebih Mahir daripada ketika dia berguru dengan ayahnya. Ini adalah fenomena yang terjadi di sekitar kita. Bukan hanya itu, seorang anak yang belajar bersama teman-temannya akan lebih cepat paham dibandingkan ketika dia belajar dengan orang tuanya.

Hal ini terjadi karena mereka berada dalam usia yang sama, sehingga memiliki daya pikir yang sama dan hidup dalam alam pikir yang sama. Sedangkan kita sebagai orang tua mereka sudah hidup di zaman yang berbeda, pola pikirnya sudah berbeda, fasilitasnya pun sudah berbeda dan tentunya cara pengajarannya pun berbeda.

Ketika seorang anak belajar sepeda motor dengan temannya maka dia merasa memiliki kebebasan untuk memilih, dia bebas untuk mengembangkan insting dan inovasi yang ada dalam dirinya, meskipun memiliki resiko yang lebih berbahaya, ketimbang ketika dia belajar sepeda motor dengan ayahnya.

Ketika seorang anak belajar sepeda motor dengan ayahnya, maka yang ada adalah larangan-larangan dan juga hal-hal yang membuat daya kreasi Anak tidak berkembang. Mengapa orang tua begitu preventif kepada anaknya, karena mereka khawatir, mereka takut anaknya jatuh dan terluka.

Sehingga banyak sekali larangan yang membuat anak  akan selalu merasa terkekang. Hal inilah yang membuat anak tidak berkembang. Sedangkan ketika dia belajar bersama teman sebaya dia merasa bebas, meskipun memiliki resiko yang sangat berbahaya.

Inilah beberapa alasan yang menyebabkan seorang anak yang belajar dengan teman sebayanya akan lebih cepat pandai dan Mahir ketika berkendara motor ketimbang belajar dengan ayahnya. Seorang anak juga akan lebih pandai ketika belajar bersama teman sebayanya pada mata pelajaran sekolah, karena mereka akan lebih mudah memahami  ketimbang mereka belajar dengan ayah atau ibunya.

Disinilah orang tua dituntut untuk memahami dunia si anak agar komunikasi antara mereka berdua bisa berjalan dengan stabil dan tidak ada gangguan. Orang tua yang bisa memahami dunia anak akan akan lebih mudah untuk menyelami dan memahami karakter serta akan mudah dalam memberikan pengajaran kepada si anak.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Kenapa Seorang Anak Akan Lebih Cepat Faham Ketika Belajar dengan Teman Sebayanya"

Posting Komentar