3 Hal yang Harus di Perhatikan Sebelum Membuat Screen Film Sablon

3 Kesalahan Ketika Membuat Screen Sablon

Menyablon itu adalah perkara yang susah-susah gampang. Karena ketika menyablon sebuah kaos dibutuhkan ketelitian dan juga seni dalam meracik obat dan juga saat anda menggores rakel sablon anda. Karena ketika anda meracik obat untuk screen film dan kadarnya tidak seimbang, ataupun ketika ada menyemprot debit airnya tidak seimbang hal itu juga akan mengurangi tingkat kualitas dari gambar screen sablon anda. Belum lagi percampuran antara pigmen warna dan juga raber sablon anda.

Di bawah ini adalah tiga kesalahan dasar yang membuat screen gambar anda tidak sempurna.

1. Pencahayaan yang tidak tepat

Untuk membuat film sablon ada dua cara yang sering digunakan oleh para penyablon. Yang pertama menggunakan Sinar uv dari lampu, dan yang kedua menggunakan sinar matahari langsung. Keduanya memiliki intensitas cahaya yang berbeda misalkan matahari pada pagi, siang, dan sore hari memiliki intensitas cahaya yang berbeda. sehingga setiap daerah harus meriset berapa detik dia harus menyinari screen film di dalam sablonnya.

Menggunakan lampu sinar UV juga memiliki intensitas yang berbeda tergantung berapa watt lampu UV yang anda gunakan. Jika menggunakan matahari berkisar antara 5 sampai 30 detik maka jika menggunakan sinar UV yang intensitasnya di bawah 15 watt anda memerlukan waktu pencahayaan sekitar 7 sampai 8 menit. Di sinilah sulitnya menjadi seorang penyablon., karena dia harus memiliki jam terbang yang cukup untuk bisa menghasilkan screen film yang bagus.

2. Adonan Alta yang kurang tepat

Untuk membuat film sablon para penyablon sering menggunakan Alta untuk membuat screen film mereka. Di dalam Alta itu terdapat dua jenis produk. yang pertama adalah produk yang akan kita goreskan ke screen dan yang kedua adalah sensitilizer. Jika kita memasukan Sensitilizer dan bahannya bersamaan dan kita tuangkan seluruhnya. Biasanya akan banyak sekali Alta yang terbuang sia-sia.

Oleh karena itu biasanya tukang sablon menggunakan sedikit saja sensitilizer dan bahan dasar screen film. Oleh karena itu tukang sablon harus mengerti takarannya berapa tetes Sensitilizer yang harus di tuangkan kedalam berapa sendok bahan dasar screen film. karena jika sensitilizer terlalu sedikit maka lapisan dari screen film akan sangat lunak ketika disemprotkan oleh air.

Hal ini akan membuat gambar anda menjadi rontok dan kurang bagus. Tanda dari takaran sensitilizer yang tepat adalah warna putih dari bahan dasar sudah menjadi warna kuning yang agak sedikit tua. Selain itu juga anda harus mengaduknya secara merata.

3. Penyemprotan yang terlalu lama

Jika pencahayaan dan sensitilizer anda telah tepat. Maka sekali semprot screen film anda akan terlihat bagus. Setelah film ini jadi dan anda masih harus menyemprotkan air kepada bahan screen yang masih basah hal ini biasanya akan menyebabkan rontok satu-persatu dari bahan dasar screen yang akan membuat gambar anda akan kurang bagus dan pecah.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "3 Hal yang Harus di Perhatikan Sebelum Membuat Screen Film Sablon"

Posting Komentar