Manfaat "Kareng" atau Menjemur Diri di Pagi Hari Bagi Kesehatan

 Manfaat Menjemur Diri di Pagi Hari


Mungkin kita tidak menyadari bahwa karing atau menjemur  diri di pagi hari itu manfaatnya lebih besar daripada peralatan kesehatan modern. Budaya "karing" ini sudah ada sejak zaman dahulu sebelum diperkenalkan berbagai macam alat pemanas tubuh yang memancarkan sinar matahari buatan, yang berfungsi sebagai alat kesehatan.

Budaya karing ini sebenarnya sudah ada sejak zaman dahulu sekali, sejak zaman nenek moyang kita, mungkin inilah alasan mengapa orang-orang tua memiliki kesehatan yang lebih baik daripada zaman kita sekarang ini. Budaya karing ini sangat berkesesuaian dengan temuan medis modern bahwasanya sinar matahari pagi antara jam 07.00 sampai jam 09.00 adalah sinar matahari terbaik yang dapat mengaktifkan provitamin D menjadi vitamin D.

Vitamin D sendiri  sangat bagus untuk kesehatan tulang dan ternyata budaya ini dilakukan orang-orang di zaman dahulu. Pada jam 07.00 sampai jam 09.00 pagi biasanya masyarakat menggunakan sinar matahari pagi ini sebagai penghangat tubuh. Nah inilah beberapa budaya yang sangat baik, yang sudah kita tinggalkan dan kita merasa bahwa jika ada seseorang yang melakukan kegiatan ini dianggap sebagai orang-orang tua dan tidak keren.

Bahkan dianggap kuno, ini adalah kesalahan fatal tentang sebuah persepsi, bahwa budaya kuno adalah budaya yang tidak keren, padahal ada beberapa manfaat yang belum kita pahami dari kebiasaan masyarakat dahulu kala. Saya melihat bahwa produk modern  sekarang ini mulai menyadari manfaat dari kegiatan-kegiatan kuno, yang ternyata memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh.

Sehingga sekarang bermunculan, mulai dari alat pijat sampai dengan obat-obat herbal yang diracik dari ilmu nenek moyang kita dan mungkin sudah saatnya obat modern tergeser oleh obat-obat tradisional dan disinilah peranan kita untuk memahami mengkaji dan mengembangkan kekayaan alam dan kekayaan ilmu pengobatan di kazhanah nusantara ini

Sebagai anak indonesia kita harus mulai menyadari, budaya dan tradisi terutama pengobatan. Kita harus mulai belajar tentang cara pengobatan yang biasa dilakukan oleh masyarakat kita dizaman lampau, sehingga kita bisa mengambil ilmu dan manfaat dari peningalan nenek  moyang kita.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat "Kareng" atau Menjemur Diri di Pagi Hari Bagi Kesehatan"

Posting Komentar