Tiga Cara Praktis dan Mudah Mempercepat Kinerja Hp Anda

Tiga cara mempercepat kinerja ram HP

RAM HP memiliki batasannya masing-masing, ada yang 499 mb sampai yang 2 Giga. Menggunakan aplikasi yang terlalu banyak merupakan salah satu faktor yang membuat hp kita menjadi lambat. Karena terkadang kita overload dalam menggunakan RAM, yang menyebabkan RAM mulai melambat. Tentunya HP yang mulai melambat membuat kita marah dan tidak sabar sehingga kita membuka banyak aplikasi.

Klik tombol back terlalu cepat tidak membantu kita dalam menyelesaikan permasalahan hp kita yang mulai melambat, Akan tetapi semakin membebani RAM hp, dan ram semakin lambat, parahnya lagi jika RAM hp sudah pada ambang batas maka bisa terjadi HP ngeblank atau mati. Jika ini terjadi maka kerugiannya akan banyak sekali, mulai dari nomor kontak yang hilang sampai HP tidak bisa di reparasi kembali. Berikut adalah kiat atau cara untuk mempercepat kinerja RAM HP agar lebih maksimal.

1. Tidak menggunakan aplikasi terlalu banyak.


Setiap aplikasi memiliki sepace tersendiri, mulai dari tiga setengah MB sampai 40 MB. Sepace ini bisa teman-teman lihat pada saat mendownload aplikasi di Play Store. Sepace merupakan tempat yang dibutuhkan oleh sebuah aplikasi di dalam sebuah RAM. Sepace ini merupakan sepace dasar dan ketika aplikasi berjalan maka aplikasi ini membutuhkan ruang di dalam ram itu lebih banyak, karena digunakan untuk cache aplikasi itu sendiri.

Kemudian berkas sampah yang ditinggalkan oleh aplikasi itu sendiri, belum lagi jika aplikasi itu memiliki folder dalam scriptnya sebagai penyimpan gambar, video, maupun suara, sehingga membutuhkan lebih banyak ruang di dalam RAM. Untuk mengurangi kinerja RAM dan menambah luasan ruang dalam RAM, sebaiknya kita menggunakan aplikasi yang kita butuhkan saja.

Untuk aplikasi yang tidak kita butuhkan kita bisa meng uninstalnya. tulisan RAM 499 MB, adalah batas akhir atau ambang batas dari sebuah RAM. Jika kita melampaui kapasitas yang ada, maka biasanya HP akan mati tanpa ada kode sebelumnya, dan ini sangat berbahaya karena teman-teman harus meng flash ulang HP anda.

2. Mematikan rotasi otomatis pada hp


Tombol ini terletak pada menu pengaturan dan jarang orang mengetahui jika tombol ini ternyata sangat penting.  Untuk HP yang memiliki spesifikasi RAM yang kecil yaitu setengah giga atau 499mb hal ini sangat mengganggu kinerja hp ketika tombol rotasi otomatis diaktifkan. Biasanya kinerja HP akan sedikit lambat.

Karena memang fitur ini agak sedikit memakan RAM, Untuk HP yang memiliki kapasitas 2 giga ke atas memang tidak nampak lambat, tapi anda bisa mencobanya dengan mengunjungi menu pengaturan kemudian, menu rotasi otomatis Anda matikan. Menu putaran otomatis berfungsi mengubah tampilan ketika HP anda pada posisi landscape maka tulisan akan landscape dan ketika anda meletakkan HP pada posisi potrait maka secara otomatis juga tulisan akan menjadi Potret.

3. Mematikan satu sim pada hp dual sim


Di dalam hp kita ada sebuah perangkat pencari sinyal yang terus aktif mencari sinyal ke GSM maupun CDMA.  Dan tentunya hal ini memakan RAM yang ada di dalam hp kita. Secara logika jika ada 2 dual SIM dalam 1 hp maka perangkat tersebut akan bekerja dua kali lebih besar daripada menggunakan satu sim.

Kita mungkin pernah mengalami HP kita terasa panas atau baterai kita cepat habis ketika kita berada pada suatu tempat yang Sinyalnya tidak stabil. Ini bukan karena virus atau kerusakan perangkat kita. Akan tetapi karena alat ini bekerja sangat keras untuk mencari sinyal digital.

Salah satu solusinya adalah dengan menggunakan suatu sim dan mematikan satu sim yang kurang prioritas, mungkin sampai disini sheringnya. kita akan sambung di postingan selanjutnya semoga bermanfaat. untuk para master bisa berbagi ilmu via komentar di bawah ini. 

Asalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tiga Cara Praktis dan Mudah Mempercepat Kinerja Hp Anda"

Posting Komentar