Cara Membuat Klimax Dalam Cerita

Sebenarnya apa pengertian klimaks dalam cerita menurut anda ?

Jika dalam pandangan saya klimaks dalam cerita adalah sesuatu yang wah, yang memberikan daya kejut baik marah, sedih, bahagia dalam sebuah plot cerita. Misalkan saja kita menyaksikan sebuah film drama tentang cinta segitiga dalam film Mohabbatein. Di situ kita bisa melihat sebuah klimax cerita yang sangat mengharukan. Yang mana tokoh utamanya yaitu syahrulkhan ternyata adalah orang yang mengalami kegagalan cinta namun cintanya tetap melekat di dalam hatinya.

Di dalam film itu Sahrul Khan berperan sebagai seorang guru seni yang ingin menyatukan asrama pria dan wanita yang terpisah yang menyebabkan cinta antara muridnya dan murid sebelah itu tidak bersatu. Sesudah gerbang terbuka, kita akan melihat tari-tarian di situ, kemudian muncul Kepala Sekolah yang ternyata adalah orang tua dari gadis yang dicintai oleh Sahrul Khan.

Ketika mereka menari bersama seakan tokoh yang dicintai sahrulkan muncul dan di situ ada klimak yang memiliki daya kejut yang luar biasa. Hingga dalam klimaks akhir cerita ini kita bisa melihat akhirnya cinta mereka direstui oleh kepala sekolah meskipun Sahrul Khan tidak bisa bertemu dengan kekasihnya. Karena kekasihnya sudah meninggal dunia. Di sini ada klimaks yang unik yang membuat kita seakan ikut terhanyut di dalamnya dan membuat film ini terus terngiang di dalam fikiran kita.

Klimaks yang baik biasanya adalah sebuah klimaks cerita yang tidak bisa ditebak sebelumnya oleh pembaca sebelum membaca akhir dari cerita. sehingga pembaca akan membacakan membolak-balik ulang alur cerita sebelumnya untuk mengetahui lebih detail tentang penjelasan dari tokoh utama ini. kalimat yang baik membuat pembaca merasa ingin tahu dan penasaran tentang cerita ini. Pembaca akan dikejutkan dengan kisah-kisah unik yang akan muncul di depannya dan tidak tertebak sebelumnya.

Hal ini memang membutuhkan jam terbang yang sangat luar biasa. Karena untuk membuat klimaks dibutuhkan penghayalan, Penghayatan, dan daya imajinasi yang benar-benar nyata. Untuk menggambarkan latar dan setting dan penokohan cerita. Inilah klimaks dalam pandangan saya yang menjadi nilai lebih dalam sebuah cerita.

PAYTREN BISNISNYA USTADZ YUSF MANSUR
pengen penghasilan tambahan

WA/sms      : 0852 0160 6992

Postingan terkait:

1 Tanggapan untuk "Cara Membuat Klimax Dalam Cerita"