Ternyata kunci kebahagiaan adalah birulwalidain

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Ada banyak orang yang bertanya tentang kunci dari kebagian hidup di dunia ini. atau setidaknya ketenangan dan ketentraman dalam menjalani kehidupan ini. Ada orang yang sudah pns bergaji besar namun masih tetap juga gusar dan gundah dalam kehidupan ini, ada orang yang sudah menjadi seorang pengusaha namun masih gundah, gusar dan galau dalam menjalani kehidupan ini.

Ada orang yang bertanya kepada saya sebenarnya bagaimana cara menghilangkan kegunadahan dan kegalauan yang ada di dalam hati kita. Jika kita telah dipenuhi oleh Allah nikmat harta, keluarga, kesehatan, tapi kita masih gundah. mungkin ada yang salah dalam diri kita ini. ada yang salah dalam proses dan kegiatan sehari-hari kita. mungkin ada yang salah dan masih perlu dibenahi, yaitu hubungan kita dengan kedua orang tua kita atau ya lebih sering dikenal dengan birulwalidain.

Birulwalidain adalah salah satu kunci untuk menunju ke tentramman dan kebahagiaan dalam menjalani kehidupan ini. ini bukan hanya sebuah mitos, tapi ini adalah fakta yang terjadi di sekitar kita. Jika kita bisa memperhatikan dan mau melihat pola hidup para ustadz dan para kiai di daerah kita.

Jika kita mau memperhatikan dengan seksama ketika mereka bertemu dengan kedua orang tua mereka. maka yang nampak dari padanya adalah kesopanan dan kesantunan, serta kasih sayang yang luar biasa. Kasih sayang anak-anak dan kedua orang tuanya.

Betapa kita melihat kehidupan mereka yang terkadang jauh dari kesan mewah dan sempurna. malah justru lebih condong kepada kesederhanaan. namun apa yang anda lihat? pancaran kebahagiaan, pancaran ketenangan dan kedamaian dalam wajah mereka terpancar hingga orang yang memandangnya pun ikut merasakan kedamaian yang ada padanya.

Jadi selain amalan-amalan ibadah kepada Tuhan kita secara vertikal, ternyata ada ibadah horizontal yang nilainya juga akan bernilai ibadah secaa vertikal dan ini harus kita lakukan. yaitu adalah memperbaiki hubungan kita dengan kedua orang tua, karena berbakti dan atau berbuat baik kepada kedua orang tua adalah salah satu dari perintah agama.

Ini adalah Perintah agama yang luar biasa karena ternyata munculnya anak-anak berprestasi, munculnya orang-orang besar, munculnya orang-orang yang saling menghargai adalah dari keluarga yang harmonis, dari keluarga yang saling menghormati dan tentunya adanya interaksi yang baik antara anak dan orang tuanya.

penghormatan anak kepada orang tuanya, hal inilah yang mulai jarang terjadi dan mulai hilang tergerus oleh zaman. orang mulai mengejar dunia, orang mulai lelah, orang mulai bersusah payah dan setelah anda dapatkan dunia itu. namun bukan ketenangan yang ikut serta dalam kehidupan anda. namun kegelisahan dan kegundahan. bisa jadi hal ini terjadi karena kita kurang peduli terhadap orang tua kita. kita masih lalai terhadap kedua orang tua kita, kita kurang bisa berbuat baik kepada mereka.
Mulai saat ini mari kita mulai memperbaiki hubungan kita kepada kedua orang tua kita. semoga hidup kita diridhoi oleh Allah subhanahu wa ta'ala.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ternyata kunci kebahagiaan adalah birulwalidain"

Posting Komentar