Belajar disiplin mulai dari kamar sendiri

Disiplin bukanlah sebuah perilaku yang bisa didapatkan secara instan akan tetapi disiplin adalah sebuah pembiasaan perilaku yang dibiasakan setiap harinya sehingga bisa melekat menjadi karakter atau bisa disebut pula kebiasaan baik yang sudah melekat di dalam alam bawah sadar kita.

Jika Disiplin yang sudah menjadi karakter dasar yang kita miliki maka disiplin akan sangat mudah kita lakukan. bahkan dalam kehidupan kita sehari-hari kita bisa berlaku disiplin tanpa kita harus berpikir terlebih dahulu untuk disiplin. dan ketika disiplin sudah menjadi karakter dan sikap kita dalam keseharian maka disiplin bukan menjadi sebuah permasalahan.

Jika disiplin sudah menjadi kebiasaan, disiplin sudah menjadi watak dari kita maka secara otomatis perilaku yang kita lakukan dalam keseharian kita akan disiplin, namun untuk mendapatkan semua ini kita harus belajar membiasakan perilaku disiplin ini.

Tantangan utama untuk melakukan kegiatan disiplin adalah perilaku malas. oleh karena itu untuk bisa berperilaku disiplin kita harus mengalahkan perilaku malas yang kita miliki. Untuk belajar perilaku disiplin ini maka kita harus menerapkan pola ini pada diri kita dan anak-anak kita. Yaitu dengan membiasakan menata kamar tidurnya setelah selesai dibangun setiap hari dan setiap pagi.

Membiasakan kamar yang tertata akan membuat pola dalam dirinya untuk bertanggung jawab terhadap apa yang ia gunakan. sehingga jika pola ini sudah terbentuk maka secara otomatis kita yang sudah terbiasa dengan terapi disiplin ini akan membuat lingkungan yang lainnya, lingkungan tempat kita tinggal baik di kantor maupun di tempat yang lainnya akan sesuai dengan pola disiplin yang telah kita lakukan setiap hari atau pola disiplin yang telah anak-anak kita lakukan setiap hari.

Jika satu bola ini telah dilaksanakan dengan baik. maka biasanya perilaku ini juga akan membuat anak itu disiplin dalam berbagai bidang dalam kehidupan dia sehari-hari. karena kamar adalah privasi nya yang ketika kamar itu bersih maka untuk dirinya sendiri dan bukan untuk menyombongkan pada orang lain dan bukan untuk penilaian orang lain. tapi untuk diri sendiri.

sehingga ketika kamar bersih, rapi dan dimulai disiplin merapikannya setiap hari. maka ini untuk dirinya dan ini akan menjadi karakter yang dia miliki. Jika karakter kedisiplinan sudah terbentuk sejak kecil maka kedepannya pun anak ini akan menjadi seorang yang disiplin. Amin
Sama jumpa di postingan selanjutnya


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Belajar disiplin mulai dari kamar sendiri"

Posting Komentar