Menghindari penyakit sombong dan bahayanya bagi kehidupan manusia

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sahabatku sekalian yang saya sayangi, para pembaca blog top leader treni, semoga kita tetap dalam pertunjukan dan semoga kita tetap dalam keridoan Allah. Sering sekali kita mendengar kata sombong, orang sombong, tapi pernahkah kita meneliti diri jika sendiri apakah kita termasuk menjadi orang yang sombong ataukah kita termasuk menjadi orang yang menjauhi perilaku sombong.

Penyakit sombong bisa masuk kepada siapa pun, bahkan penyakit sombong ini akan lebih mudah masuk kepada orang-orang yang memiliki kelebihan. misal kelebihan harta dan kelebihan ilmu. Orang-orang yang diberikan kelebihan harta, kelebihan ilmu, kelebihan kedudukan, akan lebih mudah terjangkit penyakit sombong.

Karena dengan kelebihan yang dimiliki bisa saja kita digelincirkan setan sehingga kita bisa berperilaku angkuh dan sombong. merasa dirinya lebih dari yang lainnya. merasa orang lain lebih bodoh dari dirinya, merasa dia paling utama, merasa dia lebih. inilah salah satu jalan kesombongan yang sering kita lupakan.

Jika sombong sudah masuk kedalam hati. lama kelamaan kita akan merasa menjadi orang yang paling benar dan yang lain salah. dari hal ini akan muncul berbagai macam perdebatan. Perdebatan yang tidak berujung.

Karena perdebatan yang terjadi bukanlah perdebatan untuk mencari kebenaran akan tetapi perdebatan untuk mencari pembenaran dari masing-masing pendapat. dua orang yang berselisih akan saling pertahankan pendapatnya sendiri tanpa melihat kebenaran yang ada, kebenaran yang sesungguhnya karena diri sudah mulai diliputi dengan kesombongan. hal ini sangatlah berbahaya harus kita hindari.
Jangan sampai karena sombong, di daerah kita, di lingkungan tempat tinggal kita, di tempat kerja kita orang-orang menjauhi diri kita. Karena kita menjadi orang yang tidak mau kalah dengan pendapat orang lain, yang tidak mau mendengarkan nasehat orang lain oleh karena itu kita harus mulai menjauhi sifat sombong ini.

Ingatlah kisah iblis di dalam Al-quran. Bukankah dulu dia adalah seorang hamba yang taat kepada Tuhan, namun karena sifat kesombongan yang melekat di dalam dirinya maka dia menjadi makhluk yang dihinakan serta terlaknat. Karena jika sifat sombong sudah masuk ke dalam diri seseorang maka pintu-pintu kebaikan akan tertutup dari dirinya, nasehat-nasehat baik tidak akan mau dia dengarkan. karena dirinya merasa lebih baik, lebih pandai, lebih cerdas, dari orang lain oleh karena itu mari kita hindari perilaku sombong ini.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menghindari penyakit sombong dan bahayanya bagi kehidupan manusia"

Posting Komentar