Riba dan siksaan yang dijauhkan di dunia, KENALI


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Riba bisa kita temui di mana-mana. Riba seakan sudah menjadi sebuah hal yang biasa di kalangan kita sebagai orang muslim. Padahal bukankah perkara riba adalah salah satu perkara yang bisa membiasakan kita. Sebelum kita membicarakan riba lebih panjang mari kita berbicara soal hutang. Hutang akan membuat pelakunya merasa hina di siang hari dan merasa gelisah di malam hari ini baru hutang bagaimana jika hutangnya ditambah dengan hutang dengan sistem riba.

Membuka usaha dengan modal riba, ini adalah kebiasaan kita. akan tetapi tahukah anda dapat di samping ini. Ketika kita mulai membuka usaha tentunya usaha yabg kita bangun tidaklah langsung sukses dan menghasilkan profit yang tinggi. oleh karena itu terkadang keuntungan dari usaha yang kita dirikan hanya cukup untuk menutup bunga riba dari hutang yang kita ajukan. Ini jika perusahaan yang kita dirikan berjalan.

jika usaha yang kita dirikan tersebut bangkrut dan mengalami kerugian? maka yang ada adalah kita semakin terjerat terikat oleh sistem riba. setiap bulan kita masih tetap harus memberikan bunga yang sama tanpa kompensasi apapun tanpa pengertian apapun. Ini baru satu masalah dari sekian masalah yang akan muncul dari sistem riba yang biasa kita gunakan.

Riba menghancurkan tatanan keluarga, ketika kita terjerat oleh sistem riba dan penghasilkan kita hanya cukup untuk menutup bunga maka bagaimana kehidupan keluarga kita dan anak-anak kita. keluarga kita hanya akan berisi dengan masalah, perkelahian, pertengkaran, saling mencaci dan memarahi hal ini bisa terjadi karena sistem riba yang dulu kita gunakan dan sampai sekarang masih menjerat diri kita.

Anak-anak yang seharusnya mendapatkan kasih sayang, perkataan lembut dan santun ini harus mendengar kata-kata kasar, karena hidup dikejar dengan hutang, hidup harus menutup bunga. sehingga kita tidak sempat memikirkan kehidupan mereka, kita lupa berakhlak, bahkan mereka menjadi anak-anak yang kurang perhatian. Hingga mereka mencari pelarian-pelarian lain yang bisa saja membuat diri mereka menjadi anak-anak yang kurang berakhlak, dan berilmu.

Dan sekarang anehnya sistem riba seakan-akan digunakan untuk menutup gengsi atau gaya hidup dari setiap manusia. ketika ada seseorang yang membeli mobil maka jiwa kita terasa panas kita ingin mengejarnya maka mau tidak mau ada tawaran riba, ada kesempatan riba kita mengambilnya hanya karena mau bergengsi dan tiba-tiba hidup kita kacau balau karena harus menutup bunga-bunga derita.

Oleh karena itu sedini mungkin mari kita berdoa dan bermunajat kepada Tuhan kita yang maha esa, Allah subhanahu wa ta'ala agar dijauhkan dari hutang, dihindarkan dari riba dan di cukupkan kebutuhan hidupnya oleh Allah swt dengan hal yang halal dan toyib.


# jika ada pertanyaan Silahkan tulis di kolom komentar
Semoga bermanfaat kawan

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Riba dan siksaan yang dijauhkan di dunia, KENALI"

Posting Komentar