Manusia di cengkeram harta


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Zaman mulai perubahan menjadi era modern. Entah apa sebenarnya definisi modern dari sudut pandang yang sebenarnya. Karena dari sudut pandang saya zaman justru membuat manusia mulai kehilangan sifat kemanusiaannya. Sifat egois dan individuallistik justru semakin nampak di era modern ini.

Apakah ini yang disebut dengan modern ataukah ini dampak negatif dari modernitas. Kita sepakati bersama bahwa ini adalah dampak negatif dari modernitas dan kesalahan manusia dalam menggunakan teknologi.

Jika kita mau membaca kembali tentang definisi teknologi. Teknologi adalah segala sesuatu yang dibuat oleh manusia untuk memudahkan segala kegiatan dari manusia itu sendiri. Zaman modern adalah zaman puncaknya tehnologi digunakan oleh manusia. zaman ini sering disebut dengan era millenium atau digital.

Namun kita bisa melihat sekarang ini. perbedaan pola kehidupan manusia dari individu satu dan individu yang lain. Apakah karena teknologi yang bergerak begitu cepat yang menyebabkan perubahan pola perilaku yang tak wajar ataukah karena memang manusia belum siap untuk menerima tehnologi yang sangat luar biasa ini.

Sifat egois sifat dan hilangnya rasa empati inilah yang mulai kita rasakan di era modern ini. yang dampaknya mulai menyeluruh dari perkotaan hingga pedesaan. Seharusnya perkembangan teknologi yang dibarengi dengan perkembangan jaringan internet dan gadget akan semakin memudahkan kita sebagai manusia untuk berinteraksi secara baik antara satu dan yang lainnya.

Bukankah secara fitrah lahiriah, manusia diciptakan sebagai zoon politik kon yaitu sebuah makhluk yang tidak bisa terlepas dari makhluk lainnya. manusia adalah makhluk sosial yang harus saling berinteraksi antara manusia satu dan manusia yang lainnya. Jika era digital tidak diimbangi dengan sifat kemanusiaan, rasa empati, rasa peduli, rasa saling memiliki, rasa saling mengerti, maka teknologi akan membawa dampak yang sangat berbahaya.

Teknologi bisa diibaratkan pisau bermata dua. teknologi adalah sebuah makhluk netral yang bisa berdampak positif dan bisa juga berdampak negatif, tergantung di tangan siapa teknologi itu digunakan. oleh karena itu kita sebagai manusia yang masih diberi akal pemikiran harus mulai mengembangkan semangat literasi/penulisan. agar ide fikir kita, yang ada di alam diri kita bisa saling tertularkan antara satu dan yang lainnya. sehingga timbul kembali kesadaran kita sebagai manusia untuk saling mengerti antara satu dan yang lainnya.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Manusia di cengkeram harta"

Posting Komentar