Cara menentukan harga jual yang tepat

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Sahabat Mitra paytren di manapun Anda berada. pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips tentang cara menentukan harga jual suatu produk dengan tepat. penentuan harga ini dimaksudkan agar produk yang kita jual tidak terlalu murah dan juga tidak terlalu mahal. Selain itu dengan cara ini kita juga bisa mengetahui apakah barang yang kita beli dan akan kita jual itu termasuk murah atau sudah mahal dari supplier nya. Mari kita simak

1. Melakukan riset pasar

Kegiatan riset pasar ini terlihat nampak begitu remeh. akan tetapi sebenarnya hal ini sangatlah penting ketika anda akan membuka sebuah toko. ada 2 hal yang perlu Anda lakukan untuk menentukan harga jual di toko anda. yang pertama Coba Anda cari tahu harga jual produk dari toko terdekat. misalkan pensil, coba cari di sekitar Anda, di daerah satu wilayah Anda yang menjual pensil kemudian setelah anda tau harga pensil misalkan Rp1.500. Anda coba untuk keluar dari wilayah anda dan mencoba membelinya di tempat grosir atau tempat kulakan kemudian bandingkan harganya.

Setelah anda mengetahui harga grosir dan harga jual. kemudian bandingkan berapa untung yang ada dapatkan. setelah itu Anda coba untuk membeli ditempat grosir yang lainnya. Setelah itu bandingkanlah, setelah anda membandingkan beberapa toko kulakan atau grosir langkah yang bisa anda tempuh adalah menentukan berapa margin keuntungan anda.

dan sebisa mungkin harga jual anda tidak boleh melebihi dari harga jual saingan Anda atau harga jual toko yang lainnya. maksimal penjualan harganya adalah sama dengan toko yang lainnya.

Jika kita tidak melakukan riset ini maka Biasanya kita menganggap bahwa kulakan atau grosiran tempat kita membeli barang sudah murah. akan tetapi ketika kita jual harganya ternyata tidak memberikan keuntungan yang memungkinkan bagi kita dan harganya pun sama dengan toko yang menjual barang tersebut dan berada di lingkup wilayah yang dekat dengan toko kita.Oleh karena itu hal ini harus anda lakukan untuk menentukan harga jual agar toko anda tidak dianggap toko yang menjual barang dengan harga yang mahal atau terlalu mahal.

2. Membeli barang di banyak tempat

Kita tidak harus membeli semua barang pada satu supplier atau grosir. karena kita bisa membeli barang-barang tertentu di tempat yang berbeda. misalkan pensil di tempat yang berbeda, bolpoin di tempat yang berbeda atau penghapus di tempat yang berbeda.

Memang dengan menggunakan cara ini akan banyak memakan waktu dan juga jika kita tidak jeli kita juga akan terlalu banyak mengeluarkan biaya akomodasi. Akan tetapi jika kita jeli memilih benda-benda ini pada tempat yang berbeda. kita bisa mendapatkan Rete keuntungan yang lebih banyak, namun cara ini efektif dilakukan ketika Anda membeli dalam jumlah yang banyak. misalkam kan bolpoin kita beli dalam satu gros atau 12 lusin, kita membeli tasbih dalam jumlah yang banyak dan kita jual eceran. jadi kita seperti setengah grosir tapi kita menjual secara eceran dan ini tentunya akan memberikan keuntungan yang lebih banyak kepada kita. atau kita juga bisa menjualnya dengan harga grosir di toko-toko yang akan melakukan kulakan. jadi kita multifungsi menjadi pengecer dan juga menjadi pemasok. semoga bermanfaat.


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh
# jika ada pertanyaan Silahkan tulis di kolom komentar
Semoga bermanfaat kawan

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara menentukan harga jual yang tepat"

Posting Komentar