Belajar sejenak tentang malaikat bersama inspirasi uym

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Saya bagikan kembali postingan lama yang saya dapatkan dari sumber yang saya lupa, entah dari grup wa atau di Facebook. tapi rasanya masih terasa manfaatnya ketika kita membaca artikel ini Selamat membaca semoga bermanfaat.

UYM inspirasi PAYTREN bagian 150

# Edisi 19 September 2016

Hal: Persiapan Kajian
Buat Kajian Istiqlal (InsyaaAllah), tgl 23 Dzulhijjah 1437H/25 September 2016.

ﺑﺴﻢ ﺍﻟﻠﻪ ﺍﻟﺮﺣﻤﻦ ﺍﻟﺮﺣﻴﻢ
Silahkan dibaca2 Qs. Al Haaqqoh [69] dan Qs. Al Ma'aarij [70].
Sebagai modal ikut Kajian Istiqlal edisi 23 Dzulhijjah 1437H/25 September 2016. Bacanya berulang dan berulang ya. Ayat-ayatnya dan artinya dari dua surah tersebut.
Kajian insyaaAllah seputar dua surah tersebut.
====================

Jarak 'Arsy Allah itu maasyaaAllah. Jauuuuuuuhhhh buanget2.
Dalam kondisi yg kita sendiri ga paham, seberapa jauh jarak kedudukan, tempat, maqoom, atau yg lazim disebut 'Arsy Allah. Disebut di dalam Qs. Al Ma'aarij, bahwa para Malaikat dan Jibril, naik ke 'Arsy-Nya, dalam 1hr yang setara ukurannya dengan 50rb tahun.

1hr, 50rb tahun. Dan kecepatannya, kekuatannya, kalo diibaratkan mesin pesawat, adalah kecepatan dan kekuatan Malaikat. Diciptakan dari apa Malaikat? Cahayakah?

Nah skrg, tiba2, saat langit sudah berubah warnanya. Menjadi seperti tembaga, dan gunung2 sudah bagaikan bulu yang beterbangan... Yakni saat sangkakala sudah ditiup sekali. Lalu di mana bumi dan gunung semuanya diangkat, lalu keduanya dibenturkan, hanya dengan sekali benturan... Yang wajarlah jadinya gunung2 bagaikan debu beterbangan... Nampaklah kemudian Para Malaikat-Nya di seluruh penjuru bumi.

Berbarengan dengan itu, nampak pula 'Arsy Allah. Dipikul 8 Malaikat Pembawa 'Arsy.
'Arsy Allah, nampak. Hadir. Dipikul 8 Malaikat Pembawa 'Arsy.
Subhaanallaah.

Dulu pernah disampaikan, wallaahu a'lam. Bahwa Sayap Jibril itu ada 600 helai. Yang kalau Jibril kepakkan sayapnya, tertutup langit dan bumi. Lalu sayap Israfil, peniup terompet, 1200 helai. Yang satu helainya setara dengan 600 sayapnya Jibril.

Dan maasyaaAllah, sayap Malaikat Hamalatul 'Arsy, pembawa 'Arsy, 2400 sayap. Yang 1 helai sayapnya, setara dengan 1200 sayap Israfil. Wallaahu a'lam. Manusia saat itu diizinkan-Nya melihat pemandangan itu. Pemandangan dan keadaan yang seharusnya ga bisa diliat, dengan Izin-Nya, dengan Kebesaran-Nya, manusia bisa melihat.

Itulah hari pertemuan demi pertemuan. Di antaranya pertemuan teragung manusia dengan Allah, Tuhannya. Saat itu semua manusia dihadapkan di hadapan-Nya, tanpa ada satu pun yang tersembunyi.Suasana begitu mencekam. Sekeliling manusia, dipenuhi oleh bumi dan kehidupan yang sudah hancur sehancur-hancurnya. Dan sekelilingnya udah ga keruan banyaknya malaikat yang seliweran dan berdiri di hadapannya, di kanannya, di kirinya, di belakangnya.

Alam pun sudah berubah. Tidak lagi jadi alam yang selama ini kita kenal. Alamnya sudah berubah menjadi alam akhirat. Ya. Disebut oleh Allah. Inilah hari al Waaqi'ah. Hari terjadinya al Waaqi'ah. Kiamat. Di hadapan Allah yang berada di 'Arsy-Nya. Di mana 'Arsy-Nya itu tadi diberitakan dipikul oleh 8 Malaikat Pemikul 'Arsy. Manusia bersiap-siap menerima Catatan Amalnya.

Ada yang menerimanya dengan tangan kanannya. Dari sebelah kanannya. Ada yang menerimanya dengan tangan kirinya. Dari sebelah kirinya. Lalu bertanyalah kita, kitab kita? Catatan Amal kita? Akan datang dari sebelah mana? Kanan atau kiri? Dan dengan tangan yang mana kita kelak akan menerimanya?

Di depan kita, dua keadaan tergambar dengan sempurna. Di mana ia bukan gambaran lagi. Tapi ia adalah gambar sesungguhnya. Dua tempat yang akan kita masuki, yang sesungguhnya sejak di dunia ini harusnya kita pilihnya, dan bisa memilihnya. Tidak di sana. Dan bukan di sana. Surga? Atau Neraka.

Jika kita menerima dengan tangan kiri, dari sebelah kiri, yaaa Allah, Allah akan memerintahkan, agar kita diambil oleh Para Malaikat-Nya yang teramat kasar dan menyeramkan. Jangan membandingkan sama sekali dengan penjaga-penjaga sipir penjara terkejam, atau penjagal-penjagal bengis yang menjagal manusia sambil mabuk. Jangan. Ini pasti lebih. Malaikat yang diperintahkan menyeret, dan membelenggu manusia, mengikat dengan rantai yang talinya ampun-ampunan panjangnya, adalah Malaikat-Malaikat Penjaga Neraka. Yang badannya memang disiapkan untuk mampu menahan panasnya api neraka. Mereka itulah yang diperintah Allah, "khudzuuhuu faghulluuuh." Ambillah mereka yang menerima kitab catatan amal mereka dengan tangan kiri. Ambil mereka. Dan belenggulah tangan mereka ke lehernya. Lalu rantailah.

Dan ikatlah. Masukkan mereka ke neraka yang sudah dibuka untuknya.  Pada hari itu, ga akan ada pembela sama sekali. Ga ada yang namanya ayah... Ibu. Anak. Kaka. Adik. Karib kerabat. Saudara. Ga ada. Semua bakal ketakutan sendiri. Bingung sendiri. Lemah sendiri. Dan sibuk sendiri.

Allah bilang, saat itu, hanya ada di antara Kalian dan Aku saja, kata Allah. Berdua saja. Tidak ada yang lainnya. Beruntunglah yang senang bersepi-sepi dengan Allah. Ketika di dunia. Di waktu pagi. Atau di waktu malam. Allah tentu akan mengingat berdua-dua-annya diri-Nya dengan kita.

Sampe ketemu di Istiqlal. Semoga untuk hari yang pasti datangnya itu, kita mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Jangan berleha-leha. Saya kutipkan satu hadits, saat Rasulullaah Muhammad, Isra Mi'raj. Bahwa Rasul diizinkan Allah melihat Israfil sudah dengan terompet di mulutnya. Satu kaki sudah diangkat, dan wajahnya sudah melihat ke Allah. Tinggal nunggu Perintah-Nya saja.
Dan itu 1400an tahun yang lalu.

Temukan INSPIRASI lainnya langsung dari Ustadz Yusuf Mansur pada APLIKASI PAYTREN
Yang belum pakai paytren segera daftar. Aplikasi paytren bisa di download baik di PlayStore maupun AppleStore.


# jika ada pertanyaan Silahkan tulis di kolom komentar
Semoga bermanfaat kawan

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Belajar sejenak tentang malaikat bersama inspirasi uym"

Posting Komentar