Cara Paling Ampuh Mengatasi Rasa Malas Ngampus

Malas Kekampus Sumber Utama Berbagai Masalah Perkuliahan


Bagi para mahasiswa pergi ke kampus adalah kewajiban yang harus dilakukannya setiap hari. Rutinitas yang monoton seperti ini membuat para mahasiswa jenuh untuk pergi ke kampus. Padahal di kampus itulah kita bisa menyelesaikan program studi yang kita tempuh. Penyakit jenuh ini akan mendatangi setiap mahasiswa, siapapun itu terutama bagi mereka yang sudah menempuh semester atas.

Padahal mahasiswa pada tingkat semester atas ini memiliki tugas yang sangat besar, yaitu menyelesaikan tugas akhir dari perkuliahan, baik tesis maupun skripsi. Biasanya jika kita sudah jenuh untuk pergi kampus, biasanya skripsi akan telat, ngaret dan tidak selesai-selesai. Di bawah ini adalah 3 cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi rasa jenuh ketika akan pergi ke kampus.

1. Berkumpul dengan satu kelompok yang memiliki minat yang sama.


Jika kita hanya pergi ke kampus mengikuti materi perkuliahan, kemudian pulang ke kos kosan dan hanya ini yang kita lakukan di setiap harinya, bisa saya pastikan anda akan merasa jenuh bahkam pada semester ketiga.

Untuk mengantisipasi hal ini kita bisa mencari nice  yang bisa membuat kita merasa nyaman dan membuat kita merasa harus pergi ke kampus, karena merasa rindu dengan hal-hal baru, dan dengan teman-teman anda yang unik dan asik.

Di kampus ada organisasi internal dan organisasi eksternal yang bisa anda ikuti. Mulai dari drama, musik, kepenulisan, atau jurnalistik dan berbagai hal lainnya. Atau jika Anda memang suka dengan diskusi Anda bisa ikut dengan kelompok diskusi yang ada di kampus anda.

2. Melakukan kegiatan baru yang positif


Derita anak kampus itu ada dua, yang pertama ketika dia berada di kampus kemudian dia merasa bosan dan yang selanjutnya adalah ketika dia berada di kos-kosan dan dia juga merasa bosan. Jika kita sudah terkena penyakit bosan maka tugas perkuliahan kita, nilai IPK kita tidak akan maksimal. Jika kita mengalami penyakit jenuh maka kita hanya akan merasakan penderitaan ketika menjalani proses perkuliahan.

Oleh karena itu kita harus menemukan hal-hal baru yang unik dan positif yang bisa membuat kita, nyaman, senang dan betah untuk berada di kampus. Oleh sebab itu temukan dahulu Apa yang membuat kamu bahagia, senang, dan betah untuk pergi ke kampus. Tahukah anda bahwa di kampus itu ada project yang bisa dikerjakan oleh mahasiswa dan nilainya tidak sedikit bahkan sampai 5 juta. Ini bisa menjadi tantangan baru buat Anda, sehingga Anda memiliki visi dan tujuan untuk berangkat ke kampus.

3. Jangan lupa refreshing dengan sahabat-sahabat anda di kampus


Salah satu hal yang membuat diri kita jenuh adalah karena kita tidak memiliki sahabat yang unik, asik, dan benar-benar menjadi sahabat karib kita ketika kita melaksanakan kegiatan perkuliahan. Hal ini bisa dimaklumi karena perkuliahan itu sistemnya moving class, sehingga kita selalu berganti-ganti kelas dan tidak bisa memiliki teman-teman yang akrab. Oleh sebab itu kita harus merubah diri kita menjadi seseorang yang pandai dalam interpersonal, sehingga kita memiliki banyak teman. 

Jika kita sudah memiliki banyak teman kita bisa bersama-sama untuk melakukam studi banding dan kegiatan positif yang lainnya. Sehingga ketika kita tidak ke kampus, kita akan merasa rindu dengan teman-teman kita dan kita bisa bercengkerama dan juga bisa berbagi ilmu di kampus.

Jika kita sudah menemukan nice, sudah menemukan teman-teman yang loyal atau bahkan bisa memgerjakam  project-project kampus.  Saya yakin anda tidak akan lagi bosan untuk pergi kampus bahan Anda akan rindu untuk pergi ke kampus.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Paling Ampuh Mengatasi Rasa Malas Ngampus"

Posting Komentar