3 Jenis Usaha Sampingan yang Paling Cocok Dijalankan Oleh Guru Honorer

Menjadi seorang guru honorer itu benar-benar pengabdian yang sejati dan kita tidak bisa mengandalkan gaji ketika menjadi guru honorer. Kerana gaji seorang guru honorer  belum tentu cukup ketika digunakan untuk makan sebulan. Karena hal ini, biasanya seseorang guru honorer memiliki pekerjaan sampingan yang hasilnya jauh lebih besar daripada pekerjaan utamanya yaitu menjadi seorang abdi negara.

Di bawah ini adalah 3 usaha yang bisa dijalankan oleh guru honorer yang tidak mengganggu aktivitas utamanya sebagai seorang guru.

1. Bisnis percetakan dan mercendais.


Bisnis merchandise dan percetakan di sini bukanlah bisnis merchandise ataupun percetakan dalam sekala besar, tapi kita bisa membuka percetakan dengan sekala rumahan saja dengan modal yang minimal. Anda bisa memulai bisnis sampingan dengan modal 500 ribuan saja yang anda, karena yang butuhkan adalah skill dan kemampuan untuk menggambar di atas kain.

Anda juga bisa membuka usaha percetakan undangan yang hanya membutuhkan printer dan laptop dan sedikit sentuhan kemampuan setting undangan. Hal ini sudah cukup untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah sebagai penghasilan tambahan untuk kita sebagai seorang guru honorer.

Kita Jangan takut untuk mencoba dan belajar karena, zaman sekarang untuk belajar sesuatu itu sangat mudah. Tugas kita adalah membangun niat dan semangat untuk belajar, karena ketika kita melihat YouTube maka anda akan menemukan ribuan video tutorial tentang hal itu. Anda juga bisa membaca di blog orang Indonesia, karena disana sudah banyak yang membahas tentang bisnis percetakan dengan modal minimal namun hasil maksimal.

2. Menjadi seorang blogger


Ini adalah hal termudah yang bisa anda lakukan, karena untuk menjadi seorang blogger yang dibutuhkan hanyalah koneksi internet dan laptop. Akan tetapi untuk menjadi seorang blogger dibutuhkan kegigihan, keteguhan, serta kesabaran yang tinggi untuk mendapatkan penghasilan dari sana.

Karena biasanya butuh waktu 1 sampai 2 tahun untuk merasakan manisnya penghasilan, karena seorang blogger ketika awal mendirikan blog biasanya belum mendapatkan apa-apa selain lelah.  Namun jangan patah semangat karena sudah banyak guru honorer maupun staff pendidikan yang mulai mencoba dunia blogging dan ternyata mereka bisa mendapatkan jutaan rupiah setiap bulanya dari aktifitas bloging.

3. Membuka warung kelontong di rumah


Usaha ini adalah usaha yang paling banyak dilakukan oleh para guru honorer, karena biasanya setelah mereka mengajar, mereka menghabiskan waktunya di rumah. Sembari melepas penat anda bisa menunggui dagangan anda yang ada di rumah. Ternyata potensi penghasilan dari toko kelontong itu tidak kecil seperti yang dibayangkan banyak orang, karena usaha toko kelontong hasilnya bisa mencapai Rp1.000.000. Perbulan

Memang untung dari setiap produk atau untung dari setiap satuan unit produk itu kecil, akan tetapi jika dikalikan dengan jenis atau varietas produk yang ada di dalam toko Anda. Anda akan tercengan, karena semakin banyak jenis dagangan anda, maka semakin banyak pula potensi keuntungan yang akan anda dapatkan, ulai dari  sabun, odol, dan lain sebagainya. Inilah usaha yang bisa dilakukan untuk menambah pundi-pundi penghasilan anda.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "3 Jenis Usaha Sampingan yang Paling Cocok Dijalankan Oleh Guru Honorer"

Posting Komentar