ANTARA ADAB MURID TERHADAP GURU : Ngaji Ta'lim

Ada sebuah postingan Facebook yang saya nilai patut untuk dibaca. sebagai tambahan wawasan dan pengetahuan kita tentang adab kita terhadap guru maupun kepada orang tua kita dan sesama saudara-saudara kita lainnya.

Di dalam berperilaku sehari-hari memang sudah dibedakan bagaimana kita bersikap kepada teman dan cara kita bersikap kepada ayah bunda. Pada kesempatan di bawah ini ada postingan yang menjelaskan tentang pentingnya atau tata cara kita bersikap kepada guru kita.

Apabila sedang berjalan bersama di malam hari, murid hendaklah berada di depan guru; sementara bila pada waktu siang hari, murid berada di belakang guru, kecuali pada situasi-situasi yang mengharuskannya tidak begitu, seperti saat keadaan berdesak-desakan...

Apabila naik tangga, maka guru naik terlebih dahulu, dan murid menyusul kemudian ; sedang bila dalam keadaan turun tangga, maka murid turun lebih dahulu, dan guru menyusul di belakangnya, sekedar upaya kehati-hatian barangkali kaki guru terpeleset, yangg karenanya murid bisa memeganginya... (Hadlratusy-Syaykh KH. Hasyim Asy’ari, Adabul-Alim wal-Muta’allim)

ﻭﺇﺫﺍ ﻣﺸﻰ ﻣﻊ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﻓﻠﻴﻜﻦ ﺃﻣﺎﻣﻪ ﺑﺎﻟﻠﻴﻞ، ﻭﻭﺭﺍﺀﻩ ﺑﺎﻟﻨﻬﺎﺭ، ﺇﻻ ﺃﻥ ﻳﻘﺘﻀﻲ ﺍﻷﻣﺮ ﺧﻼﻑ ﺫﻟﻚ، ﻟﺰﺣﻤﺔ ﺃﻭ ﻏﻴﺮﻫﺎ ... ﻭﺇﺫﺍ ﺻﻌﺪ ﻣﻌﻪ ﺳﻠّﻤﺎ، ﺗﺄﺧﺮ ﺍﻟﻤﺘﻌﻠﻢ ﻋﻦ ﺍﻟﺸﻴﺦ، ﻭﺇﺫﺍ ﻧﺰﻝ ﺍﻟﺸﻴﺦ ﺳﺒﻘﻪ ﻻﺣﺘﻤﺎﻝ ﺃﻥ ﺗﺰﻝّ ﺭﺟﻞ ﺍﻟﺸﻴﺦ
ﻓﻴﻌﺘﻤﺪﻩ.

Inilah potongan nasehat dari sahabat saya di Facebook yang perlu kita contoh.

Misalkan saja jika seorang guru berjalan di tangga yang menurun kita harus berjalan di depannya sehingga kita bisa menuntun beliau agar kita bisa memastikan keselamatan beliau, agar kita bisa mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Contoh lain ketika kita berjalan pada malam hari kita berjalan di depan guru kita, kita bisa melihat situasi dan kondisi amankah atau tidak suasana tersebut.

Sehingga guru kita bisa kita jaga dan bisa kita lindungi, Jika kita berjalan siang hari kita berjalan di belakang guru kita sebagai tanda penghormatan, sebagai sebuah adab antara murid dan juga guru. Inilah beberapa adab yang sungguh luar biasa detil sampai hal sekecil ini pun dibahas dalam sebuah kitab yaitu adabu Ta'lim muta'alim.

Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat dan boleh dibagikan dan juga boleh dikoreksi dan sangat boleh untuk dikomentari. Terima kasih sampai jumpa di postingan selanjutnya.

 Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh



# jika ada pertanyaan Silahkan tulis di kolom komentar
Semoga bermanfaat kawan

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "ANTARA ADAB MURID TERHADAP GURU : Ngaji Ta'lim"

Posting Komentar