Fenomena Heboh Lagu Lingsir Wengi Lagu Pemanggil Kuntilanak, Mistis atau Fiksi

Lagi duduk sendirian tiba-tiba terdengar suara mistis yang sangat menakutkan hingga bulu kuduk saya berdiri. lagunya Lingsir wengi dengan bahasa Jawa.  Saya yang asli orang Jawa saja kurang begitu memahami arti dari lagu Lingsir Wengi karena pengucapannya kurang jelas.

Saya dengarkan hingga selesai dan saya pun penasaran kenapa anak-anak di desa saya memainkan lagu ini. apakah karena mistis atau karena unik. kemudian saya meminjam musik box yang dibawa oleh anak-anak dan saya dengarkan lagu ini dengan seksama. Saya tempelkan musik box ke telinga saya dan saya dengarkan lagu ini sambil berfikir berpikir ini lagu apa.

Berkali-kali saya mendengarkan lagu ini sampai saya teringat sebuah novel dengan judul kuntilanak. novel ini menceritakan tentang kisah seorang mahasiswa yang ngekos di rumah tua dan disitulah di mulai kisah tentang kuntilanak yang mendiami rumah tersebut. Dari diksi pengucapanya lagu ini,  seperti lagu yang ada di novel yang pernah saya baca, yaitu kuntilanak.

Mengapa lagu Lingsir Wengi identik dengan kuntilanak?

Di dalam lirik lagilu lingsir wengi sebebenarnya tidak ada kata Kuntilanak. Lantas mengapa lagu ini identik dengam kuntilanak? Ternyata lagu Ini adalah sebuah jampi-jampi atau ritual pemanggil kuntilanak, dengan lagu inilah seseorang bisa memanggil kuntilanak di dalam novel tersebut. Si pembuat lagunya saya rasa sangat keren, karena bisa memadumadankan lagu Jawa dengan lantunan musik Jawa tapi dibuat mistis.

Tapi ada hal yang kurang saya sukai yaitu pada kata-kata "jin setan kang tak utusi" artinya "jin setan yang saya utus" sehingga saya tidak lagi mendengarkan apalagi menyanyikan lagu ini. Itulah mengapa lagu Lingsir Wengi identik dengan kuntilanak, karena lagu ini memang satu paket dengan novel kuntilanak dan sepertinya sudah pernah di filmkan juga.

Sekali lagi ini hanyalah opini sepihak dari saya sendiri, untuk informasi lebih lanjut hubungi pembuat lagu itu hehe, dan kenapa ya rasanya kok agak takut jika bahas yang beginian. yang lebih seram lagi saya posting artikel ini malam hari dan sedirian di ruang tamu hehe Semoga bisa menjawab pertanyaan teman-teman dan tetap semangat dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Fenomena Heboh Lagu Lingsir Wengi Lagu Pemanggil Kuntilanak, Mistis atau Fiksi "

Posting Komentar