Belajar Menulis dari Raditya Dika

Assalamualaikum sahabatku dimanapun anda berada,

Tentunya kita kenal comika keren, kaya, produser, yang cerdas dan sukses di usia muda. Nama komika ini adalah abang Radit yang biasa jadi juri di stand up academi. Abang kita ini selain sebagai artis, produser dan komika ternyata dia juga adalah seorang penulis yang sudah banyak menerbitkan sebuah buku, nah disini saya akan membagikan nasehat abang ini.

Untuk membuat materi, sebelum ditampilkan di Stand Up Academy peserta harus benar-benar mengerti permasalahan dan keresahan yang mereka alami. Ada salah satu peserta yang tidak bisa menulis dengan baik dan benar karena menghadapi sebuah permasalahan, yaitu ide yang ingin dia sampaikan dengan ide yang ditulis tidak bisa sama.

Ketika dia menulis tulisan yang ditulis di dalam kertas, berbeda dengan apa yang ingin Ia sampaikan, berbeda dengan ide ingin Ia utarakan. Disinilah mas Radit mengatakan bahwa memang inilah permasalahan yang biasa dihadapi oleh penulis yang baru saja belajar menulis.

Kita tidak bisa mengatasi permasalahan ini kecuali dengan membiasakan diri untuk menulis,  karena menurut Raditya Dika jika kita sering menulis dan telah terbiasa menulis, jarak antara tangan dan otak akan semakin dekat. Sehingga ide yang kita sampaikan akan sama seperti apa yang kita tuliskan.

Jadi dari pembahasan diatas kita bisa mengambil kesimpulan bahwa, untuk menjadi penulis yang baik maka kita harus membiasakan diri untuk menulis dan terus belajar menulis. Dengan membiasakan diri untuk menulis maka kita akan terbiasa menyampaikan ide di dalam tulisan. Sehingga antara ide yang ada di dalam otak dan ide yang ada di dalam tulisan akan sama.

Kesulitan yang dihadapi penulis pemula adalah kesulitan menyampaikan ide ke dalam tulisan dan hal ini bisa diselesaikan dengan membiasakan diri dengan terus menulis. Inilah pelajaran yang saya dapatkan dari menonton acara komedi stand up comedi. Semoga bermanfaat sharing malam ini.

Untuk teman-teman yang ingin berbagi, diskusi dan memberikan solusi bisa cating via G+ semoga bermanfaat ya kawan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Belajar Menulis dari Raditya Dika"

Posting Komentar