Belajar Dagang Dari Tukang Obat di Pasar Tradisional

 Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Para pembaca yang saya hormati. Siang hari di suasana yang riuh ramai penuh dengan kendaraan bermotor dan orang-orang lalu lalang. Saya melihat ada seseorang yang sangat cerdas, yang bisa memanfaatkan sebuah problem menjadi sebuah peluang, disitu ada masalah kemacetan, banyaknya orang kepanasan dan beragam persoalan lainnya.

Ditengan masalah ini ada  seorang tukang obat tradisional yang menjajakan dagangannya di pinggiran jalan, dia menggunakan pengeras suara sebagai sarana untuk menarik perhatian. Jika dilihat dari  seni marketing orang ini termasuk orang yang sangat cerdas, karena dia memiliki dua poin dalam ilmu pemasaran yaitu.

1. Tampil beda dan menarik perhatian


Kita bisa melihat pedagang yang lainnya, yang hanya duduk menatap barang dagangan yang ia jajakan. Berbeda sekali dengan seorang tukang obat tradisional. Biasanya seorang tukang obat tradisional menarik perhatian pelanggan dengan menggunakan pengeras suara. 

Dia menjajakan obat tradisional dengan menjelaskan kelebihannya, menjelaskan cara penggunaan dan kegunaan dari obat yang dia buat. Sehingga orang akan tertarik dan penasaran dengan obat yang dia pasarkan, ketika orang tertarik disinilah dia presentasi tentang produk yang ia dijual.

2. Secara langsung dia memberikan sebuah testimoni


Kita harus belajar dengan tukang obat tradisional, karena di depan mata para calon pembelinya dia memberikan testimonial real dari orang yang penasaran dengan obatnya, dengan cara apa ?dengan mengajak sukarelawan dari penonton maju ke depan, dia pijat dengan obat yang dia dagangkan.

Kemudian setelah itu, dia menanyakan kepada orang yang telah mencoba obat tersebut. orang inilah yang akan menjadi testimoni dan daya tarik dari orang-orang yang lain. Dari sini orang lain akan percaya dan akan membeli produk yang dijual.

Ingat ya kawan zaman sekarang ini orang-orang tidak akan percaya dengan sesuatu yang belum di coba. Orang zaman sekarang membutuhkan bukti agar produk yang kita jual bisa dipercaya. Oleh karena itu, kita bisa meniru cara dagang yang digunakan oleh penjual obat ini yaitu, dengan memberikan testimoni dan bukti nyata.

Inilah kecerdasan tukang obat tradisional dari sudut pandang ilmu pemasaran yang terkadang kita pandang sebelah mata dan kita anggap remeh hehe


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Belajar Dagang Dari Tukang Obat di Pasar Tradisional"

Posting Komentar