4 Bahaya Gajet Bagi Anak-Anak dan Cara Menghindarinya.

Gajed sekarang sudah menjadi budaya bahkan sudah menjadi kebutuhan sekunder bagi sebagian orang. Gajed memiliki banyak sekali kelebihan, diantaranya, gajet memudahkan komunikasi antara anak dan orang tua, bahkan gajet bisa kita gunakan sebagai media pembelajaran bagi si anak.

Akan tetapi dibalik kelebihan dan manfaat yang terdapat di dalam gadget, gadget juga memiliki beberapa kekurangan bahkan bahaya yang bisa ditimbulkan karena nya. Di bawahnya ada empat bahaya yang bisa timbul karena gajed.

1. Pintu masuk utama pornografi


Inilah salah satu bahaya gadget yang paling ditakuti oleh orang tua, karena dengan adanya akses internet dan kebebasan akses menggunakan Gadget orang tua terkadang lalai ketika memantau si anak dalam menggunakan Gadget ini.  Sehingga si anak bisa dengan mudah mengakses sesuatu yang seharusnya belum saatnya dia ketahui. Tentunya hal ini akan memicu berbagai macam konflik, permasalahan dan juga gangguan psikologis lainnya yang akan di terima oleh si anak.

2. Pintu masuk penculikan


Untuk orang tua yang memiliki anak-anak perempuan, harus memberikan perhatian lebih kepada anak mereka. karena ketika seorang anak sudah memiliki gajed maka denga mudah dia akan mengakses sosial media dengan beragam variannya.

Dari sosial media Inilah dia bisa bertemu orang-orang baru yang terkadang kita tidak mengetahui karakter dan background nya, bisa saja sosial media ini dimanfaatkan oleh oknum yang bertujuan jahat. Oleh karena itu di sinilah dibutuhkan keterbukaan antara anak dan orang tua. Jangan sampai berita penculikan karena sosial media yang sering diberitakan di media televisi terjadi pada anak kita.

3. Mengurangi waktu belajar si anak


Sebelum kita memberikan gajed kepada anak kita, kita harus memberikan pengarahan tentang fungsi gajed dan cara aman untuk menggunakan Gadget. Jangan sampai anak kita menjadi maniak game online, sehingga dia melupakan waktu belajarnya karena jika seorang anak sudah kecanduan game kita sebagai orang tua akan mengalami kesulitan untuk melarangnya.

Bahkan jika perlu, kita bisa membuat  kontrak kepada anak kita, tentang syarat yang harus dilakukan si anak ketika memiliki gajet atau ketika kita dibelikan gajed, sehingga kita bisa mengatur, mengontrol, penggunaan gadget yang digunakan oleh anak kita

4. Membuat mata minus


Tidak bisa kita pungkiri jika terlalu lama menggunakan Gadget akan membuat mata kita akan mengalami beberapa masalah, misalkan mata minus. Oleh sebab itu kita harus bisa mengontrol diri kita saat menggunakan Gadget, Apalagi anak kita yang masih kecil dan masih dalam masa pertumbuhan.

Jangan sampai seharian dari malam dan siang selalu menggunakan gajet. karena hal ini akan membuat mata kita  bermasalah. Inilah 4 bahaya yang timbul karena gadget serta solusi mudah yang bisa kita lakukan.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "4 Bahaya Gajet Bagi Anak-Anak dan Cara Menghindarinya."

Posting Komentar