Waktu yang dibutuhkan jamur tiram sampai panen pertama

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Sahabatku sekalian para pembaca blog catatan anida yang sangat saya hormati. Pada kesempatan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan tentang budidaya jamur tiram. Kita sudah sampai pada tahap menanti jamur tiram untuk panen pada waktu yang pertama kali. 

ketika jamur tiram telah berhasil tertata dengan baik, kemudian kita melakukan pendinginan ruangan dengan baik maka langkah selanjutnya adalah menanti jamur tiram sampai tumbuh. Perlu Anda ketahui ketika spora jamur tiram putih belum berkembang secara baik maka baglog akan nampak berwarna coklat sesuai dengan kayu yang digunakan.

akan tetapi ketika spora jamur tiram telah berkembang dengan baik maka baglog akan berwarna putih seperti putihnya ragi tempe. warna putih ini akan terus menjalar sampai ke bagian ekor dari baglog. dan biasanya ketiga akar atau spora dari jamur tiram ini telah mencapai ekor maka anda tinggal menanti sampai jamur tiram untuk tumbuh untuk pertama kali.

Perlu anda perhatikan bahwa ada beberapa jenis media penutup yang digunakan oleh para produsen baglog jamur tiram. Ada yang menggunakan kapuk kapas, adapula yang menggunakan kertas bekas. Jika Anda membeli baglog jamur tiram dan media penutupnya menggunakan kapuk kapas. Maka untuk panen yang pertama kali Anda tidak perlu membuang penutup tersebut. 

karena ketika media yang digunakan kapuk kapas akar jamur tiram akan mudah menembus kapuk tersebut dan akan menghasilkan panen yang sangat bagus ketika anda melakukan pemanenan yang pertama kali. tugas anda adalah membersihkan sisa akar pada panen pertama sehingga agar tidak menutupi spora lainnya yang akan menjadi jamur tiram.

Berbeda ketika produsen yang anda percayai sebagai supplier tempat anda membudidayakan jamur tiram menggunakan kertas koran atau kertas bekas maka anda harus melepas kertas tersebut satu-persatu agar jamur spora tiram bisa tumbuh keluar dan menjadi jamur tiram yang sesungguhnya.

Sebenarnya tanda-tanda dari jamur tiram siap untuk dibuka adalah ketika jamur tiram sudah mencapai pada ekor baglog atau semua baglog sudah berwarna putih secara merata. untuk waktunya jika kita lihat kurang lebih membutuhkan waktu 1 bulan bisa kurang tergantung dengan pertumbuhan spora di  masing-masing baglog dan tergantung dari suhu dan perawatan yang Anda lakukan. 

untuk pembahasan kali ini saya cukupkan sampai di sini, Semoga bisa bermanfaat sampai jumpa di postingan selanjutnya Mari kita diskusi di kolom komentar.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Waktu yang dibutuhkan jamur tiram sampai panen pertama"

Posting Komentar