Tahap penataan baglog jamur tiram


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Sahabatku sekalian para pembaca blog catatan Annida yang saya hormati. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang cara menata baglog jamur tiram agar pertumbuhan jamur tiram bisa maksimal dan juga tidak banyak yang rusak. Kita anggap saja tiga tahapan pertama sudah kita lalui. Jika Anda belum membaca 3 tahapan tersebut silakan  melihat di daftar isi.  Langsung saja kita bahas tentang cara menata teknologi jamur tiram agar hasil maksimal.

1. Pastikan jamur tiram tidak terkena hujan

Teman-teman sekalian, ketika Anda memilih untuk membeli baglog jamur tiram pastikan baglog tersebut tidak terkontaminasi dengan bahan maupun bakteri serta jamur lain ketika dalam perjalanan. Ada dua macam penutup yang digunakan dari pabrikan baglog jamur tiram. 

Yang pertama adalah menggunakan kapas dan yang kedua adalah menggunakan kertas koran. Dalam tahapan ini teman-teman tidak boleh merusak penutup tersebut. Apalagi sampai terkena air hujan dan kontaminasi materi yang lainnya. Karena Pada tahapan ini adalah tahapan yang paling sensitif, bisa dikatakan jamur tiram masih dalam keadaan bayi dan harus sangat berhati-hati.

2. Pada saat penurunan dari mobil

Untuk para profesional sebenarnya sangat mudah dan bisa dikatakan sangat cepat ketika menurunkan baglog dari mobil. Akan tetapi bagi Anda yang baru pertama kali silakan pakai cara manual saja, karena cara-cara profesional ini bisa menyebabkan banyak baglog yang pecah karena anda kurang terampil dalam menangkap baglog tersebut.

Untuk cara yang paling cepat adalah 1 orang di dalam mobil, 1 orang di luar mobil, kemudian 1 orang membawa baglog ke dalam kandang. Orang yang di dalam mobil melemparkan baglog keluar mobil menuju ke penangkap. Kemudian dari penangkap ini diletakkan secara rapi kemudian dibawa masuk kedalam kandang jamur tiram.

3. Penataan di dalam kandang atau rak jamur tiram

Perlu teman-teman ketahui  baglog untuk pertama kali akan terlihat sangat penuh dan padat.  Ketika menata di dalam rak pastikan semua rongga terisi dan tersusun secara rapi. Sehingga tidak ada yang panjang sebelah maupun ada yang jengjos. karena penataan awal ini menentukan hasil akhir dari penataan jamur tiram. kalau anda menatanya asal-asalan dan ada kemiringan sedikit saja padahal baglog akan menyusut dari hari ke hari dan biasanya baglog akan roboh. 

Jika roboh ketika siang hari tidak masalah, yang menjadi masalah adalah ketika jamur tiram sudah berumur dua bulan, biasanya baglog akan menyusut dan roboh ketika malam hari. Biasanya baglog pecah, serbuk gergajiberserakan dan blog ini tidak bisa digunakan kembali. tentunya hal ini akan membuat diri Anda mengalami kerugian yang cukup besar. mungkin sampai disini dulu yang bisa saya sampaikan tentang tips penataan jamur tiram agar menghasilkan jamur yang maksimal. Semoga bisa bermanfaat dan bernilai pahala sampai jumpa di kolom komentar.

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tahap penataan baglog jamur tiram"

Posting Komentar