Estimasi biaya bisnis budidaya jamur tiram


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Halo sahabat sekalian para pembaca blog catatan Annida yang saya hormati. Pada kesempatan kali ini saya akan bercerita tentang besaran biaya yang kita butuhkan untuk budidaya jamur tiram. Sebenarnya besaran biaya ini tergantung berapa banyak baglog yang akan anda rawat. Karena semakin banyak jamur tiram yang anda rawat maka semakin banyak pula biaya perawatan yang harus anda keluarkan. sekarang mari kita hitung biaya yang akan anda keluarkan untuk melakukan budidaya jamur tiram sebanyak 5000 baglog.

1. Persewaan kandang jamur tiram

untuk menyewa sebuah tempat yang tidak terpakai di daerah saya membutuhkan dana sekitar Rp.3.000.000 untuk waktu 2 tahun. Mungkin di daerah anda akan lebih mahal tergantung dari kebutuhan masing-masing. Kandang jamur yang saya pakai adalah rumah yang sudah lama tidak terpakai sehingga saya manfaatkan sebagai kandang jamur tiram. Untuk luasnya sekitar 8 * 9 M2.  Untuk tempat lebih longgar akan lebih baik karena membuat nyaman ketika pemanenan dan pengaturan suhu semakin mudah.

2. Pembuatan rak jamur tiram

Alur pembuatan rak jamur tiram bisa menggunakan bambu agar lebih murah, tapi bisa menggunakan kayu keras agar lebih tahan lama. Akan tetapi untuk jamur tiram yang saya budidayakan rak yang saya menggunakan kayu sengon laut dan jika dihitung jumlah kayu dan biaya untuk membayar tukang berkisar sekitar Rp. 5.000.000. Untuk perhitungan ini bisa berbeda di setiap tempat tergantung dari bahan yang Anda gunakan dan juga harga biaya harian tukang di daerah anda.

3. Biaya pembelian baglog amur tiram

Untuk penyediaan baglog jamur tiram ini anda bisa membuatnya sendiri mulai dari proses spora. Akan tetapi jika anda pemula bisa juga membeli baglog yang sudah jadi yang disediakan oleh pabrikan jamur tiram ini. Untuk kisaran harga baglog plastik sekitar 2 ribu sampai Rp. 5.000. harga ini tergantung besaran baglog dan juga tingkat kualitas dari baglog tersebut. Jika kita hitung dengan harga yang paling murah satu baglog jamur tiram kita hargai Rp.2.000 maka untuk membeli 5.000 buah baglog kita sudah menghabiskan uang sebesar 10 juta rupiah.

perlu diingat untuk perhitungan keuntungan dari budidaya jamur tiram ini adalah ketika kita bisa merawat dengan sempurna kisaran 1 buag baglog bisa keluar sampai 8 ons. jika kita hargai bisa sekitar Rp.8.000 jika kita jual kepengepul. akan tetapi ingat ini semua tergantung dari tingkat ketelatenan kita terhadap perawatan jamur tiram tersebut.

Jika kita total maka untuk merawat 5000 jamur tiram kita membutuhkan dana sekitar 20  juta rupiah. Ini belum termasuk biaya perawatan dari jamur tiram itu sendiri. memang untuk pertama kalinya jika kita hitung kita akan rugi. akan tetapi kandang yang sudah jadi bisa kita gunakan untuk jamur tiram sampai berkali-kali. Demikianlah yang dapat saya sampaikan untuk kesempatan kali ini semoga bisa bermanfaat dan bernilai pahala. Mari kita diskusi di kolom komentar. 

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Estimasi biaya bisnis budidaya jamur tiram"

Posting Komentar