Peralatan yang diperlukan untuk budidaya jamur tiram


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Sahabat sekalian para pembaca blog catatan anida  yang saya hormati. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang peralatan yang akan kita gunakan ketika kita melakukan budidaya jamur tiram. untuk peralatan ini Anda bisa memilih dengan harga yang mahal atau bisa juga diakali dengan peralatan yang ada di sekitaran kita. Adapun peralatan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.

1. Alat-alat kebersihan rumah tangga

Memang terdengar agak sedikit aneh, akan tetapi inilah yang diperlukan Ketika anda akan melakukan budidaya jamur tiram. Alat ini biasanya digunakan ketika anda baru saja memanen jamur tiram. karena akan banyak sekali sisa-sisa hasil panen baik itu akar dari jamur tiram maupun serbuk gergaji yang berjatuhan di lantai. Maka inilah fungsi dari alat-alat kebersihan rumah tangga baik mulai dari sapu, ikrak, sulak, dan lain sebagainya.

2. Plastik dan timbangan jamur

Jika anda memiliki produksi jamur tiram yang tidak terlalu banyak. Misalkan saja 15 kilo per hari. Maka anda tidak perlu membeli timbangan elektrik yang super mahal. Silakan pakai timbangan biasa dengan batas maksimal 25 kg. Sesuaikan kemasan timbangan dengan target pasar anda. jika anda langsung menjual di pasar, saya sarankan anda untuk mengemas dengan ukuran 5 kg per plastik. Hal ini akan memudahkan pengunjung untuk menjual kembali barang anda. Akan tetapi jika anda menjual eceran silahkan sesuaikan dengan kebutuhan pasar. Anda bisa menimbangnya dengan ukuran setengah sampai 1 kg per plastik. 

Untuk plastik kini Anda bisa menggunakan plastik putih transparan. Karena dengan plastik putih transparan jamur anda akan terlihat cantik dan indah. Contohnya ketika di display di pasar-pasar jamur anda akan semakin mudah laku dan dapat bersaing dengan penjual jamur lainnya.

3. Alat pengatur suhu ruangan

Sebenarnya jamur akan tumbuh dengan baik pada suhu sekitar 16 derajat Celcius sampai 25 derajat Celcius. Atau bisa dikatakan akan tumbuh dengan cepat pada suhu malam hari. Untuk mengatur suhu ini agar jamur dapat tumbuh berkembang baik pagi maupun siang hari. Anda harus memiliki alat pengatur suhu ruangan. Anda bisa membeli alat elektrik dengan pengontrol komputer otomatis yang akan mengatur suhu ruangan anda. 

Namun jika anda ingin berhemat untuk hal ini. Anda bisa membeli alat kompresor kecil yang dijual secara online dengan harga kisaran Rp.100.000 saja. Akan tetapi anda harus rajin menyemprot jamur pada saat suhu terlalu panas. Atau Anda juga bisa menggunakan semprotan yang digunakan oleh petani ketika menyemprot hama. Meskipun hal ini akan memakan banyak waktu ketika penyiraman.

4. Bak penampung air

Sebenarnya bak ini hanya berfungsi untuk mengantisipasi ketika air di daerah Anda mati secara tiba-tiba. Karena jamur tidak memiliki toleransi waktu cukup lama untuk bisa menahan suhu yang panas. Ketika jamur dibiarkan terlalu lama dalam suhu yang terlalu panas, jamur akan kerdil bahkan mati. Oleh karena itu Anda membutuhkan bak penampung air sebagai antisipasi.

Jika anda memiliki alat elektrik atau kompresor listrik Anda bisa langsung memasukkan selang kompresor ke dalam bak ini. kemudian langkah yang anda lakukan adalah membeli selang dengan panjang seluas kandang yang anda miliki. Menurut pengalaman saya cara ini sangat efektif dan menghemat waktu. Anda tinggal membawa selang dan mata kompresor kemudian semprot sesuai dengan kebutuhan jamur tiram tersebut.

Untuk postingan kali ini saya cukupkan sampai disini terlebih dahulu. Nanti insya Allah pembahasan berikutnya akan saya tulis di postingan berikutnya. Semoga bermanfaat dan bernilai pahala. Mari kita diskusi di kolom komentar.

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Peralatan yang diperlukan untuk budidaya jamur tiram"

Posting Komentar