Tiga penyebab insomnia yang jarang diketahui orang


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Hallo sahabatku sekalian para pembaca blog catatan Annida yang saya hormati. Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah postingan tentang penyebab insomnia yang jarang dibahas oleh orang lain. Tentunya artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi padahal saya tidak mengalami penyakit insomnia .

1. Tidur siang terlalu lama.

Sulit untuk tidur di malam hari bisa disebabkan oleh tidur siang yang terlalu lama. Waktu tidur siang yang paling baik adalah ketika menjelang waktu Dhuhur. Tentunya tidak terlalu lama dan tidak boleh melampaui waktu dzuhur, Jika ingin mendapatkan keutamaan tidur siang ini. Namun kebiasaan yang dilakukan oleh para pemuda adalah tidur siang mulai Setelah dzuhur sampai dengan waktu habis ashar. Padahal menurut orang-orang zaman dahulu kala tidur di waktu Ashar kurang baik untuk kesehatan. 

Jika anda melakukan hal tersebut anda akan mengalami insomnia di malam hari. Apalagi ketika anda tidak memiliki aktivitas pokok dan anda hanya tidur dari pagi sampai sore hari. Hal ini akan mempengaruhi siklus dalam diri anda. Mempengaruhi siklus tidur anda, mempengaruhi pola tidur sehingga Anda akan menjadi kelelawar yang suka tidur di siang hari dan tidak bisa tidur pada malam hari.

2. Kurang aktivitas di pagi atau siang hari

Mungkin banyak orang yang menyangka jika santai dan tidak beraktivitas adalah kebahagiaan yang Hakiki. Tapi coba Lihatlah, lihat di televisi dan berbagai berita yang lainnya. Anda akan melihat banyak orang sukses yang justru banyak beraktivitas di siang dan Pagi harinya. Entah berolahraga atau beraktivitas bisnis yang menyita banyak tenaga.

Hal ini sangat bagus dilakukan selain menjaga kebugaran fisik dan mental hal ini juga akan mengurangi tingkat insomnia. Jika anda tidak percaya. Coba anda seharian tidak beraktivitas dan banyak menganggur di rumah. Maka ketika malam hari rasa kantuk akan sukar datang dan hal ini bisa menyebabkan insomnia atau gangguan tidur.

Berbeda jika anda memiliki banyak aktivitas, kemudian Anda letih. Tentunya hal ini akan menyebabkan diri anda lebih cepat mengantuk dan lebih cepat pula tidur. Bonus yang akan anda dapatkan ketika anda bekerja keras adalah Tidur awal, sehingga ketika pagi hari Anda bisa bangun secara Fit dan bugar.

3. Memikirkan sesuatu secara berlebihan

Memikirkan sesuatu secara berlebihan, atau mencemaskan sesuatu yang berlebihan adalah hal yang kurang baik. Hal ini dapat membuat anda kesulitan untuk tidur. Bisa jadi badan Anda berada dalam keadaan yang sangat letih. Tubuh anda sudah berada pada titik paling lemah. Namun apa yang harus diperbuat mata pikiran tidak bisa dipejamkan.

Hal inilah yang akan membuat diri Anda sakit dan drop secara tiba-tiba. Ada salah satu trik yang bisa anda lakukan ketika anda mengalami depresi yang sangat berat dan sulit untuk tidur. Ketika sudah melewati pukul 03.00 malam dan ini adalah batas kewajaran untuk tidur. Coba anda Pejamkan mata Anda, Letakkan selimut di atas badan anda, cari posisi paling nyaman. Matikan lampu agar suasana menjadi gelap dan Hening.

Biarkan ayam berkokok, yakinilah jika hal ini menandakan ada malaikat yang datang. Perbanyaklah membaca shalawat, hingga Anda sampai merasakan ketenangan. kemudian secara tidak sadar anda akan tertidur dengan sendirinya. Ingatlah kawan dunia ini kecil dan jangan terlalu dibesar-besarkan. Dunia kalau sudah dimasukkan ke dalam hati dia akan semena-mena terhadap diri kita.

Dunia akan membuat kita was-was dan khawatir, gelisah dan susah. Oleh karena itu tidak ada masalah yang terlalu berat dan tidak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan. Untuk apa kita terlalu khawatir yang membuat kita justru tidak produktif. Katakanlah pada diri Anda, katakan pada tubuh anda, bahwa ketika Anda tidak tidur malam ini. besok anda akan lemah dan pekerjaan Anda tidak akan terselesaikan dengan lebih baik.

Oleh karena itu sudah anda jika sedang berada pada posisi beban yang menumpuk, cobalah lakukan apa yang dilakukan oleh dosen saya. Beliau tidur lebih awal akan tetapi bangun paling awal. Beliau bangun ketika orang-orang masih terlelap tidur dan beliaulah yang mengerjakan tugas-tugas lemburannya pada dini hari. Inilah pelajaran yang bisa saya dapatkan dari dosen kehidupan saya yang sangat menginspirasi. Seorang dosen yang berasal dari keluarga tidak mampu tetapi menjadi seseorang yang penuh motivasi. Sampai jumpa di postingan selanjutnya semoga bermanfaat.

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tiga penyebab insomnia yang jarang diketahui orang"

Posting Komentar