Pentingnya Pengawasan Orang Tua Saat Anak Bermain Pokemon Go

Game Pokemon go telah resmi dirilis di Indonesia. Game ini sangat diminati baik dari kalangan anak-anak maupun orang dewasa. Akan tetapi di beberapa negara Game ini telah mengakibatkan beberapa kejadian kecelakaan dan tindakan kriminalitas. Oleh karena itu ketika anak bermain game Pokemon go ini sebaiknya kita mengawasinya dengan seksama.

Jangan sampai anak kita menjadi korban penculikan, korban kecelakaan hanya gara-gara mengejar Pokemon dengan menggunakan Gadget mereka. Jangan sampai anak-anak kita menjadi kecanduan dengan game Pokemon dan mereka lalai menjaga keselamatan diri mereka sendiri. Oleh karena itu disinilah diperlukan peran dan pengawasan dari orang tua kepada anak-anak mereka saat bermain game Pokemon go ini. 

Selain peran pengawasan, orang tua juga memiliki peran pembinaan dan pengajaran kepada anak. Sehingga anak bisa membagi waktunya secara baik, efektif, efisien antara waktu belajar dan waktu bermain mereka. Sehingga keduanya bisa berjalan bersinergi dan beriringan. Jika semuanya telah terawasi dan terbina dengan baik, maka game akan menjadi sarana refreshing bagi anak ketika mereka lelah saat belajar, bukan malah membuat mereka malas belajar.

Satu hal yang perlu kita sadari bersama, Anak memiliki fase pikir yang berbeda dengan kita sebagai orang dewasa. Seorang anak masih menganggap sesuatu dari segi menyenangkan dan tidak menyenangkan. Oleh karena itu orang tua dituntut untuk bisa menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan bagi anak.

Game sebenarnya bisa dijadikan sebagai sarana edukasi bagi anak jika orang tua bisa dan mau menggunakan dan mengarahkan serta membimbing anak untuk memandang sebuah permainan dari segi edukasi. Semua yang ada di dunia ini sebenarnya bisa dijadikan sebagai sarana edukasi bagi anak untuk bisa menilai baik dan buruknya sesuatu. Oleh karena itu orang tualah yang harus mengajari anak tentang nilai baik dan buruk.

Segala hal yang berlebihan akan berdampak tidak baik, terutama game karena akan mengaibatkan kecanduan dan ketergantungan. Disini orang tua harus bisa memberi batas aman bagi anak dengan memilih dan membatasi permainan yang akan digunakan oleh anak.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pentingnya Pengawasan Orang Tua Saat Anak Bermain Pokemon Go"

Posting Komentar