2 Derita Pengangguran dan Cara Mengatasinya

Menganggur adalah saat-saat yang paling menjenuhkan bagi setiap orang. Menganggur bisa terjadi karena beberapa hal, antara lain karena PHK massal, baru saja keluar kuliah dan sulit mencari pekerjaan, menanti kabar dari surat lamaran pekerjaan yang sudah kita kirimkan dan lain sebagainya. Penantian ini atau yang lebih sering dengan saat menganggur biasanya orang-orang akan mengalami dua masalah yaitu.

1. Tekanan dan depresi


Siap orang yang menganggur pasti mengalami tekanan dan depresi mental. hal ini terjadi karena faktor eksternal dari lingkungan yang menganggap jika orang-orang yang tidak bekerja memiliki status sosial yang lebih rendah dari mereka yang sudah bekerja. Sehingga hal ini akan membuat seseorang tertekan dan akan merasa minder dengan orang lain. 

Jika anda memiliki beban atau tanggungan seperti anak, istri dan orang-orang yang bergantung kepada anda maka tekanan dan depresi yang anda alami akan lebih besar dari orang lain yang belum memiliki tanggungan sama sekali. Untuk mengatasi hal ini kita harus mengatur ulang cara pikir kita, dan meyakini bahwa menganggur bukanlah akhir dari dunia. Yakinlah jika suatu saat nanti kita akan mendapat pekerjaan.

Sembari kita menanti pekerjaan yang kita inginkan, kita bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan lain untuk menambah penghasilan kita. Kita juga harus meyakini jika kita terus, depresi, stress dan perasaan putus asa lainnya. Hal itu justru akan membuat diri kita semakin terpuruk dan orang-orang yang ada di dalam tanggungan kita juga akan semakin terlunta-lunta.

Karena orang yang sudah putus asa dan pendek akal biasanya dia tidak akan produktif dan solutif ketika menghadapi berbagai macam permasalahan, yang ada hanya emosi dan kemarahan saja yang akan muncul. Oleh karena itu kita harus menenangkan diri dan pikiran kita, hingga kita bisa berpikir dengan jernih tentang apa yang bisa saya lakukan sekarang ini, pada saat ini.

2.  Putus asa dan hilang tujuan hidup


Salah satu hal yang paling mahal yang ada pada diri manusia adalah tujuan hidup. jika seseorang sudah kehilangan tujuan hidupnya maka kita tidak berbeda dengan robot yang hanya berisi program dan perintah. Jika kita tidak memiliki tujuan hidup maka kita tidak akan memiliki semangat dan gairah untuk menjalani kehidupan ini.

Putus asa bisa terjadi karena terlalu banyak tekanan dan terlalu banyak pikiran, sehingga kita menganggap diri kita tidak mampu untuk keluar dari persoalan yang sedang kita alami. Akan tetapi Ingatlah jika kita sampai berputus asa itu sama halnya kita memasukkan diri kita kedalam kandang buaya. Oleh karena itu sudah saatnya kita merenung kembali, memikirkan tujuan hidup yang sebenarnya itu apa.

Untuk mengatasi hal ini maka kita harus membuat sebuah perencanaan. Rencana jangka panjang jangka, pendek jangka menengah, jangka mingguan harian dan apa yang bisa saya lakukan sekarang ini. hal ini dapat membuang rasa putus asa dan akan membangkitkan rasa optimisme di dalam diri ini. bangunlah rasa percaya diri dan yakin lah jika kita bisa melakukan hal tersebut.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "2 Derita Pengangguran dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar