Usia yang Ideal Untuk Menikah Dalam Islam

Berapa sih usia yang ideal untuk menikah?

Untuk Anda yang masih sendiri yang belum memiliki pasangan, pastinya berpikir sebenarnya berapa sih usia yang paling tepat untuk menikah. Berapa usia ideal untuk menikah. Di dalam Islam sendiri tidak ditetapkan berapa usia yang ideal untuk menikah, akan tetapi dituliskan atau disyaratkan yaitu bagi mereka yang telah mampu. Mampu di sini bersifat universal yaitu mampu dalam sandang, pangan, papan. Yang intinya adalah telah siap untuk membina rumah tangga dan bertanggung jawab terhadap istri beserta nafahnya.

Sedangkan dalam aturan negara kita telah ditetapkan bahwa usia ideal untuk menikah bagi pria dan wanita itu berbeda. wanita jatuh di atas 16 tahun sedangkan bagi pria adalah diatas 18 tahun. Ini adalah batas minimal untuk menikah, karena jika menikah pada usia di bawah 16 dan 18 tahun. Dikhawatirkan akan membahayakan bagi kesehatan sang ibu dan juga jika laki-laki yang menikah di bawah dari usia 18 tahun. Dikhawatirkan akan menyebabkan perceraian dini dikarenakan belum siapnya seorang lelaki dalam membina rumah tangga, dilihat dari perkembangan psikologi maupun ekonomi.

Usia yang terbaik untuk menikah bagi perempuan yaitu di atas 20 tahun karena pada usia ini organ reproduksi perempuan telah matang dan telah siap untuk mengandung seorang anak. Sedangkan untuk laki-laki usia idealnya yaitu sekitar 25 tahun. Saya membuka termin diskusi dan komparasi dari para pengunjung blog ini untuk berargumen dan berdiskusi, kira-kira usia berapa yang terbaik untuk menikah bagi pria maupun wanita.

Menikah itu adalah kunci dari segala kebaikan, sesuatu yang dulunya dilarang sekarang sudah halal dan membawa keberkahan. Jadi menikahlah jika memang anda telah memenui syarat. Karena menikah bukanlah ajang untuk bermain-main. Menikah adalah kegiatan sakral yang harus benar-benar dipersiapkan secara matang. menikah adalah pintu menuju kesempurnaan dalam hidup. Oleh karena itu kita harus memikirkan dan memperisapkan apa saja yang dibutuhkan untuk membangun mahligai rumah tangga.

Tentunya sesuatu yang dipersiapkan secara matang akan lebih baik dari pada sesuatu yang tidak dipersiapkan terlebih dahulu. Menikah bukanlah sesuatu yang tergesa-gesa, menunda pernikahan juga tidak baik, menikah yang dipaksakan juga tidak baik. Karena yang terbaik adalah menikah karena sudah memenui syarat baik dalam UUD maupun UUA (undang-undang agama hehe)

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Usia yang Ideal Untuk Menikah Dalam Islam"

Posting Komentar