Hal ini harus dihindari oleh penulis


Hai Halo sahabat sekalian para pembaca blog catatan Annida yang saya hormati. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada anda beberapa hal yang harus anda hindari agar semangat dan konsistensi dalam menulis tidak menurun dan hilang.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Beberapa hari ini karena kesibukan dan karena kemalasan, saya jarang upload artikel di dalam Blog pribadi saya. Dan tahukah Anda apa yang terjadi kepada diri saya. Yang terjadi pada diri saya adalah semakin hari semakin malas untuk menulis. Ketika saya semakin malas untuk menulis secara otomatis ide tulisan yang ingin saya buat pun ikut menghilang.

Saya yakin, jika hal ini terus menerus saya biarkan. Maka saya yakin mungkin saya akan berhenti menjadi seorang blogger atau penulis. Hal ini disebabkan karena kemalasan dan sulitnya mencari ide dalam penulisan. Oleh sebab itu untuk Anda yang ingin menjadi seorang penulis, baik penulis buku maupun penulis blog. Saya sarankan untuk membiasakan menulis dalam setiap hari agar kesukaan kita dalam menulis tidak ikut hilang.

Untuk sahabat sekalian yang ingin menjadi seorang blogger pemula. Ketika Anda mulailah menulis 1 artikel dan besoknya Anda menulis 1 artikel lagi. Kemudian hal ini anda lakukan terus dalam setiap hari. Anda akan melihat Betapa mudahnya mencari ide dalam penulisan.

Ketika Anda berjalan melihat sesuatu yang indah, hal itu bisa menjadi ide penulisan dan bisa menjadi tulisan yang indah jika anda sudah terbiasa menulis. Atau ketika anda bercerita kepada teman atau diceritakan oleh teman Anda sebuah kisah yang menarik itu pun bisa dijadikan sebagai ide untuk menulis. Tentunya kepekaan ini hanya bisa anda dapatkan Ketika anda terbiasa menulis atau terbiasa mengubah pandangan visual atau getaran audio menjadi tulisan.

Sehingga orang yang membaca tulisan kita seakan-akan bisa melihat apa yang baru saja kita lihat dan bisa mendengarkan apa yang kita dengarkan. Oleh sebab itu mulai hari ini dan hari selanjutnya. Saya akan membiasakan diri untuk menulis meskipun hanya satu atau dua paragraf setiap hari. 

Saya rasa untuk bagian yang pertama sudah kita bahas. Intinya adalah ketika kita mulai malas dalam menulis maka ide penulisan akan menghilang. namun ketika kita mulai rajin menulis maka ide penulisan biasanya akan datang dengan tiba-tiba. 

Kemudian yang kedua. Penulis harus memiliki banyak sekali wawasan atau pengetahuan. Setidaknya adalah pengalaman unik yang bisa kita ceritakan. Karena bahan dasar penulisan adalah pengalaman si Penulis itu sendiri. Tidak jarang naskah fiksi yang ditulis adalah berdasarkan pengalaman nyata dari seorang penulis yang dibuat menjadi seakan-akan imajiner. Hal ini biasa disebut dengan fakta yang yang dibuat cerita imajinatif dan terkesan fiksi.

Oleh karena itu tidak ada salahnya jika seorang penulis memiliki banyak teman sebagai sarana untuk bertukar ilmu dan informasi. Sebagai sarana untuk bertukar ilmu dan informasi. Atau bisa kita sebut sebagai sebuah langkah riset ketika akan menulis dan berbagi pengalaman. Atau Anda juga bisa berwisata travelling sehingga anda memiliki wawasan pemandangan yang semakin luas.

Untuk bagian kedua sudah kita bahas. Inti dari pembahasan kedua ini adalah Semakin banyak kita bergaul kepada banyak orang maka semakin mudah kita untuk berbicara dan menempatkan diri dan bisa memahami dengan siapa kita berbicara. Hal ini dimaksud agar bahasa yang kita pilih sesuai dengan pembaca yang kita targetkan.

Selain itu dengan banyak travelling kita akan memiliki otak yang segar, sehingga banyak yang akan masuk di dalam penulisan. Dengan travelling kita bisa menggambarkan sebuah setting tempat cerita menjadi lebih hidup karena Berdasarkan pengalaman nyata.

Sampai di sini dulu yang bisa saya sampaikan, Semoga dengan mulai menulis,anda  saya terutama tidak kehilangan ide dan semangat serta kecintaan pada dunia tulis-menulis. Sampai jumpa Mari kita diskusi di kolom komentar.

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Hal ini harus dihindari oleh penulis"

Posting Komentar