Nasehat untuk kamu yang akan mengikuti tes CPNS

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Sahabat sekalian para pembaca blog catatan Annida, Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada anda tentang pengalaman saya ketika mengikuti tes CPNS dan saya harapkan dengan pengalaman saya ini bisa menjadikan Anda semakin mantap dan siap ketika akan mengikuti tes CPNS. Ada beberapa hal yang harus anda siapkan sebelum mengikuti tes CPNS Mari kita bahas satu persatu.

1. Belajar Materi Tes Kompetensi Dasar


Saya sarankan untuk membeli buku panduan dan contoh soal tes materi kompetensi dasar yang banyak dijual di toko-toko buku. Ingat ini hanyalah contoh dan tidak ada satupun yang akan keluar ketika anda mengikuti tes CPNS. Tidak semua pasal yang Anda hafal akan keluar di dalam tes dan tidak semua rumus yang anda pelajari akan keluar. Akan tetapi anda akan menggunakan materi yang telah anda pelajari untuk menyelesaikan sebuah permasalahan yang muncul di kehidupan sehari-hari. Anda akan dihadapkan dengan realitas keadaan yang sekarang dengan penerapan pasal dengan penerapan rumus yang anda pelajari.

2. Jangan Pernah Merasa Sombong dan Bisa


Hati-hati kawan ketika anda mengikuti tes CPNS, karena materi yang diujikan adalah materi yang akan menguji kepribadian anda. Baik itu tes intelegensi umum maupun tes wawasan kebangsaan apalagi tes kepribadian. Materi tes ini akan mengukur seberapa paham Anda tentang negara Indonesia, seberapa bijaksana anda dalam menyelesaikan permasalahan dan banyak sekali jawaban yang menjebak dalam 5 buah pilihan jawaban. Sudah sering terjadi, orang yang merasa bisa mengerjakan soal tapi tidak lulus karena merasa bisa dan merasa mudah menyelesaikan soal. Padahal soal ini penuh dengan jebakan jawaban.

Sehingga seberapa pun pintar anda dalam belajar, Jangan pernah merasa sombong.  Anda harus tetap merasa rendah hati dan merasa bodoh. Anda harus lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa dan dari situlah karakter anda akan nampak karena pribadi yang bertakwa kepada Tuhan yang dicari negara sebagai pegawai negeri sipil. dan dengan lebih bertakwa maka komputer akan menilai bahwa anda adalah pribadi yang bertakwa.

3. Datanglah Lebih awal Untuk Mempersiapkan Fisik dan Mental


Suasana tes tidaklah seperti ketika anda mengikuti ujian masuk ke kampus atau universitas. Ketika anda mengikuti tes ini anda tidak akan merasa nyaman saat mengerjakan soal akan tetapi hal yang terjadi adalah kebalikanya. Ini adalah tes yang akan menguji kecepatan anda dalam mengambil keputusan dan kebijaksanaan anda dalam bertindak dalam waktu yang sangat singkat.

Dalam suasana yang tegang Anda harus memiliki konsentrasi yang sangat tinggi dan fisik yang prima karena jika anda datang terlambat maka secara cara otomatis psikologi anda akan tergoyang dan dilanjutkan Anda akan menghadapi tes yang begitu banyak materinya. jika anda datang terlambat hal ini sangat tidak direkomendasikan karena tes CPNS benar-benar membutuhkan konsentrasi yang sangat amat tinggi. Demikian informasi yang bisa saya sampaikan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat, semoga Anda lulus CPNS. Bagi Anda yang ingin sharing tentang pengalaman tes CPNS bisa tulis di kolom komentar sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Nasehat untuk kamu yang akan mengikuti tes CPNS"

Posting Komentar