Keajaiban-keajaiban yang terjadi saat tes CPNS

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Tes CPNS adalah salah satu tes yang sangat dinantikan oleh setiap orang karena menjadi PNS di Indonesia masih dijadikan sebagai prioritas atau idaman bagi setiap orang. Akan tetapi biasanya kursi formasi yang disodorkan tidaklah sebanyak minat orang yang ingin menjadi PNS. Sehingga jika anda mau melihat di televisi, di berita online anda akan melihat antrian para pendaftar CPNS yang sangat amat banyak demi memperebutkan sebuah kursi PNS. Anehnya menjadi seorang PNS tidak hanya mengandalkan kecerdasan saja akan tetapi banyak sekali faktor yang mempengaruhi. Berikut ini adalah kejadian-kejadian aneh yang terjadi saat tes CPNS.

2. Seseorang yang ber titel magister kalah dengan seorang sarjana


Tes kompetensi dasar adalah tes yang diikuti oleh seluruh pendaftar dari berbagai macam jenis profesi dan status sosial. Tes ini tidak memandang siapa diri Anda dan seberapa tinggi gelar Pendidikan anda. Semuanya dianggap sama dihadapan sebuah komputer. Ada hal-hal yang aneh saat tes kompetensi dasar ini karena sahabat saya yang sudah magister atau S2 tidak lulus dalam tes ini karena salah satu great tidak memenuhi syarat.

Adanya ambannilaig batas  yang perlu dilalui yaitu tes wawasan kebangsaan, tes intelegensi umum dan tes kecakapan pribadi. Mungkin 2 passing grade yang pertama bisa dilalui, akan tetapi untuk passing grade di kecakapan pribadi adalah ilmu yang sulit untuk dipelajari. Karena tes ini mengukur kepribadian diri Anda. Semakin baik kepribadian anda maka nilainyapun otomatis akan tinggi sehingga kadang magister bisa kalah dengan seorang sarjana.

2. Orang cerdas kalah dengan orang yang beruntung


Sahabatku sekalian untuk mengikuti tes CPNS ini tidak cukup dengan belajar akan tetapi kita harus lebih banyak mendekatkan diri kepada sang pencipta. Faktor keberuntungan sangat menentukan di dalam tes CPNS ini. Nilai paling tinggi tidak menjamin Anda bisa sukses dalam tes CPNS ini. Karena perangkingan yang dilakukan adalah per instansi, per sekolah,  per rumah sakit sehingga Anda akan bertarung dengan pendaftar di formasi tersebut.

Ingat nilai tidak bisa dijadikan sebagai jaminan. karena terkadang dalam satu formasi pendaftarnya  sangat banyak dan grade Nilainya sangat tinggi. Sementara di formasi yang lain nilainya rendah dan pendaftarnya sedikit. Dari sinilah banyak sekali keberuntungan terjadi. Sehingga kalau di lihat secara kasat mata terkadang nilai tinggi tidak bisa lulus dalam satu formasi akan tetapi bisa sangat mudah lulus di formasi atau di instansi yang lain. 

Saya cukup sampai disini terlebih dahulu semoga postingan ini bisa membuka wawasan anda tentang tes CPNS dan silakan berbagi pengalaman anda di kolom komentar.

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Keajaiban-keajaiban yang terjadi saat tes CPNS"

Posting Komentar