Jangan mudah bangga dengan pujian orang lain

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Sahabatku para Pembaca sekalian yang saya hormati, Pada kesempatan kali ini saya akan ajak anda untuk merenung sejenak tentang bahaya membanggakan diri yang sering disebut dengan menyombongkan diri. Sombong sudah dilarang sejak dahulu kala dan identik dengan sifat iblis akan tetapi sering kita menaruh sifat ini tanpa kita sadari. Di bawah ini ada beberapa hal yang akan merugikan diri Anda sendiri jika anda suka menyombongkan diri.

1. Akan dengan mudah melakukan kesalahan yang sebenarnya bisa dihindari


Sombong adalah perasaan seseorang yang merasa bahwa dirinya lebih dari yang lain. Merasa lebih pintar, lebih pandai, lebih mengerti, lebih memahami dan merasa bahwa orang lain kurang pintar kurang memahami kurang bijaksana. Padahal manusia adalah makhluk yang sangat lemah dan memiliki sifat lalai. Jika anda suka meremehkan orang lain tidak menganggap penting pendapat orang lain dan menganggap bahwa pendapat anda adalah yang paling baik maka anda bisa saja salah dalam mengambil keputusan. Karena terkadang masukan dari orang lain itu sangat perlu untuk kita dengarkan.

2. Dibenci oleh semua orang


Jangankan manusia Tuhan saja melarang kepada seluruh manusia agar tidak bersifat sombong tidak membanggakan diri dan tidak boleh merasa diri lebih baik lebih cerdas dan orang lain lebih buruk lebih bodoh dan lain sebagainya. Silakan Anda lihat diri Anda sendiri dan lihat sekitar Anda siapa orang yang dihormati dan dihargai. Apakah orang yang membanggakan diri dengan keilmuannya, kekayaannya, kepandaiannya atau apakah orang yang mampu rendah hati ?

Meskipun memiliki banyak kelebihan dalam bidang ilmu pengetahuan, kekayaan maupun kekuasaannya. Seakan sudah menjadi hukum alam jika orang yang rendah hati adalah orang yang akan dihormati dimanapun dia berada. Dengan siapa pun dia bertemu, baik di kenal maupun tidak secara otomatis hukum ini berlaku dimana saja.

3.  Mudah diperdaya oleh orang lain


Hati-hati dengan pujian oleh orang-orang di sekitar Anda. Ingat tidak semua orang memuji diri anda karena kebaikan anda, ataupun kekayaan dan jabatan Anda. akan tetapi ada sebagian orang yang memiluji diri anda hanya untuk mendapatkan simpati dan kepercayaan anda dan kemudian memiliki niatan lain dari pujian yang dia sampaikan.

Jika Anda mudah bangga dan ria dengan pujian dari seseorang maka sebenarnya Anda mudah diperdaya oleh orang lain. Anda mudah dimanfaatkan oleh orang lain karena diri anda sebenarnya tidak independen, tidak merdeka. Karena Anda masih terikat dengan pujian-pujian orang lain. ketika anda melakukan sesuatu baik itu berupa kebaikan personal, sosial, ataupun dalam situasi lingkup pekerjaan.

Oleh karena itu tidak perlu dan tidak penting untuk berbangga dengan pujian dari orang lain. karena pujian yang sebenarnya hanya pantas kita sematkan dan kita sampaikan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kita adalah makhluk yang lemah, yang penuh dengan ketidak sempurnaan dan penuh dengan kelemahan. Semoga postingan ini bisa bermanfaat. Sampai jumpa di postingan yang akan datang dan jangan lupa untuk diskusi di kolom komentar. 

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jangan mudah bangga dengan pujian orang lain"

Posting Komentar