Salah satu kunci kemakmuran ada di sini


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Para pembaca Blog pribadi saya catatan Annida dan Para pemasar paytren di manapun Anda berada. pada kesempatan ini, saya ingin bercerita tentang sebuah sistem yang Jangan dirubah dan sistem ini masih tetap berlaku di pondok pesantren tradisional dan juga di pedesaan. Sistem ini bernama hormat kepada yang tua dan kasih sayang kepada yang muda.

saya terinspirasi dari film spongebob squarepants,  pada saat itu SpongeBob dan Patrick sedang bermain di tempat sampah kemudian SpongeBob dan Patrick melihat ada sebuah tulisan yang asing bagi mereka. Karena mereka tidak tahu mereka menggunakan kata-kata tersebut untuk bercanda.   Mereka gunakan di dalam restoran akan tetapi tiba-tiba pengunjung restoran bubar karena ternyata kata-kata tersebut adalah kata-kata kotor pada saat itu tuan krap krap pun keluar. 

Kemudian Tuan Krab dan Squidward gambar di sampingnya download foto Spongebob dan Patrick kemudian Tuan Krab menasehati SpongeBob dan Patrick dan akhirnya SpongeBob dan Patrick pun berjanji tidak akan mengulangi kesalahan mereka kembali dan mereka tidak akan menggunakan kata-kata faktor tersebut untuk selamanya.

Pada waktu yang lain SpongeBob dan Patrick bermain ular tangga karena sebab-sebab selalu kalah tiba-tiba tanpa sadar SpongeBob mengeluarkan Sumpah serapah dan menggunakan kata kotor tersebut tanpa disengaja. Mendengar perkataan tersebut Tribun mengancam Terangkan melaporkannya kepada Tuan Krab dan spons outbound ketakutan.

Setelah sampai pada Tuan Krab adalah Patrick pun melaporkannya kepada Tuan Krab kemudian karena petrik juga ketika berjalan menuju Tuan Krab tak sengaja menyatakan kata-kata kotor apakah mereka berdua mirip dihukum untuk mengecat restoran Krusty Krab. Ketika SpongeBob dan Patrick sedang dihukum berdiri dan Tuan Krab pun membawa cat untuk mengecat plastik krep dengan tidak sengaja Tuan Krab tersandung batu dan akhirnya tanpa sengaja Pulau mengatakan kata-kata kotor dan sumpah serapah.

Mendengar hal demikian Patrick dan SpongeBob pun langsung mengatakan akan melaporkannya kepada video Tuan Krab dan Tuan Krab pun ketakutan akhirnya mereka semua berlari dan tidak mengajar Patrick dan SpongeBob sementara Patrick dan SpongeBob berlari menuju rumahnya ibu translate.

Dari kisah singkat diatas kita bisa melihat betapa hormat kepada kedua orang tua atau hormat kepada orang yang lebih tua akan membuat filter sosial secara otomatis yang disitu akan terjadi sebuah hierarki penasehatan sehingga jika hal ini terus dikembangkan maka hal-hal buruk bisa terkontrol secara otomatis namun berbeda jika yang muda tidak menghormati yang tua dan yang tua tidak menyayangi yang muda maka mustahil kontrol sosial seperti ini bisa dijalankan dengan baik. Ketika kontrol sosial sudah bisa dijalankan dengan baik maka tatanan manusia dalam berhubungan antara satu dan lainnya akan menjadi baik dan tentunya ketika hubungan antar manusia sudah menjadi baik maka kemakmuran pun akan lebih mudah didapatkan daripada terjadi sebuah Lost Control sosial.

Sampai jumpa di postingan selanjutnya semoga bermanfaat Mari kita diskusi di kolom komentar.

 assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Salah satu kunci kemakmuran ada di sini"

Posting Komentar