Cara menambah semangat dalam beribadah


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Sahabat sekalian Mitra paytren dan para pembaca catatan anida di manapun Anda berada. pada kesempatan kali ini Mari kita bahas tentang cara membuat diri kita lebih bersemangat dalam beribadah. karena ketika beribadah terkadang kita semangat terkadang malas,. pasang surut seperti ombak di Samudera. ketika keimanan kita naik maka semakin tinggi semangat ibadah kita, namun ketika semangat kita turun semua semangat ibadah kita pun turun.

Oleh karena itu bagaimana caranya agar kita bisa terus bersemangat dalam beribadah. Berikut ini adalah tips Semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman semua.

1. Pelajari keutamaan-keutamaan dari sebuah amalan ibadah

Manusia  ingin mendapatkan sesuatu yang lebih. mungkin ini sifat dasar manusia. Oleh karena itu untuk memotivasi diri kita agar lebih sehat dan lebih semangat dalam menjalankan ibadah, maka belajar dan mencari ilmu adalah salah satu solusi paling tepat. Terutama ilmu tentang keutamaan amalan atau ibaah.  karena ketika kita mempelajari keutamaan-keutamaan suatu amalan ibadah maka Biasanya kita akan bersama dalam menjalankan ibadah.

2. Jangan mundur meskipun hanya satu langkah

Coba anda bayangkan pada saat ini kami berada di tengah jembatan. Ketika anda mundur 1 langkah maka Tujuan yang akan dicapai juga akan semakin jauh satu langkah. demikian halnya ketika anda maju satu langkah. maka dari titik awal Anda berangkat sudah lebih jauh satu langkah. ibadah kita berada di tengah-tengah jembatan, kemana kita melangkah disini kita akan menambah jarak. demikian halnya ketika ibadah semakin kita maju ke depan, semakin kita semangat dalam beribadah.

 namun ketika mundur semangatnya nanti akan mundur mundur mundur dan sampai malas. misalkan saja salat berjamaah Dzuhur, saat azan berkumandang kita biasa sholat tepat waktu dan melakukan sholat qobliyah ba'diyah, akan tetapi pada kesempatan kali ini dzuhur sudah berkumandang kemudian anda menundanya 1 atau 2 Menit Saja, Kemudian Anda salat seperti biasa dan pada hari ini Anda ketinggalan sholat qobliyah dzuhur nya. maka bisa saja besok anda bisa ketinggalan jamaahnya kemudian ketinggalan ba'diyahnya terus sampai Anda menjadi orang yang malas beribadah. jadi kalau kita sudah diberi semangat oleh Allah untuk beribadah sholat jamaah Jangan tunda, Jangan mengakhirkan waktu.

karena satu jengkal penundaan akan membuat kita mundur keimanannya, akan membuat kita mundur semangatnya. nanti jika kita sudah mundur semangatnya maka semangat dan optimisme dalam beribadah juga akan mundur terus sampai kita tidak beribadah. Oleh karena itu semangat itu harus tetap dijaga, kalau bisa terus ditambah setiap harinya. kalau sudah datang waktu salat berjamaah, maka cepat lab kerjakan tanpa Dengan berpikir panjang.  kalau kita sudah mulai melangkah ke depan Maka rasa ibadah yang kita jalankan akan semakin ringan. berbeda ketika kita mundur ke belakang maka akan semakin berat. inilah dua saran yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

# jika ada pertanyaan Silahkan tulis di kolom komentar
Semoga bermanfaat kawan

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara menambah semangat dalam beribadah"

Posting Komentar