Apakah mapan juga termasuk syarat pernikahan


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Sahabat para pembaca blog catatan Anida yang saya hormati, yang mungkin saat ini sedang gundah karena belum bertemu dengan jodoh yang diidamkan. Mari kita jawab sebuah pertanyaan, Apakah menikah itu harus menunggu mapan ?

Tentu saja Jawabannya adalah tidak, bahkan jika kamu dalam keadaan fakir atau kekurangan maka Allah akan mencukupkan dirimu. bahkan kedua pasangan ini rezekinya sudah dijamin oleh Allah subhanahu wa ta'ala. Maka jangan takut untuk menikah. Jika dari pandangan anda sendiri, dari sudut pandang usia, dari sudut kepahaman agama, dari sudut tanggung jawab dan kedewasaan mental anda sudah cukup untuk menikah. maka Jangan tunda, segeralah menikah. jika pada saat ini anda belum mapan secara ekonomi. Maka insya Allah anda akan dimampukan seiring dengan berjalannya waktu.

 jika sudah dianggap mampu silakan menikah. kemudian muncul pertanyaan, Apakah mampu termasuk dalam segi harta. ? Tentu saja tidak terlalu dipikirkan. karena ketika orang sudah menikah dengan niat yang benar. dari titik nol inilah nanti dua pasangan ini akan berjuang bersama untuk meniti kehidupan, untuk merangkai rumah tangga, untuk membawa keluarganya menuju keluarga yang sakinah mawadah dan warohmah.

Namun jika Anda saat ini masih Dalam usia muda, masih belum dalam kategori orang yang harus segera menikah karena berbagai macam alasan. misalkan takut zina, tidak bisa menahan hawa nafsu dan lain sebagainya. maka berusaha dan bekerja lah semampu Anda niat lillahi ta'ala. karena Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam meminang kadijah r.a dalam keadaan mapan dan mampu. Saya ulangi sekali lagi, Nabi Muhammad saw adalah seorang yang tajir di saat muda.  karena ketika masih usia muda beliau sudah berdagang lintas negara. jadi kita mencontoh dari mudanya Rasulullah Sallallahu Alaihi Salam. kalau kita masih muda, masih belum masuk dalam kategori orang yang disegerakan menikah. maka berjuang dan berusaha semampu Anda. kemudian Kalau Anda memang sudah mapan di usia muda, segeralah menikah. inilah cara kita meniru Kanjeng Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam yaitu sukses di usia muda.

Jika anda saat ini sudah cukup usia, sudah masuk dalam kategori orang yang harus disegerakan menikah. tidak usah khawatir dalam bidang Rizki. Karena rizki sudah dijamin Allah Subhanahu Wa Ta'ala. bahkan ketika menikah Allah akan memampukan orang yang fakir dan kekurangan tersebut. Allah akan menjadikan orang tersebut cukup dalam segi rizki dan bahkan ketika dua orang ini saling menerima dengan keadaannya masing-masing dalam keadaan ekonominya masing-masing. kemudian mereka mulai berusaha dari nol dan sukses. di kemudian hari akan menjadi cerita yang sangat luar biasa. Untuk postingan kali ini saya cukupkan sekian, semoga bermanfaat. Semoga kita bisa menjadi pribadi yang sukses di usia muda, mapan sebelum menikah dan segera menikah dan sukses di kemudian hari. Insya Allah sukses yang diridhoi oleh Allah subhanahu wa ta'ala.

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

# jika ada pertanyaan Silahkan tulis di kolom komentar
Semoga bermanfaat kawan

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Apakah mapan juga termasuk syarat pernikahan"

Posting Komentar