Cara mengatasi masalah tanpa masalah

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Alhamdulillah masih berjumpa di postingan selanjutnya untuk berbagi informasi, untuk saling mengingatkan, untuk mempererat tali silaturahmi antara saya dan anda sesama pemasar paytren. Semoga tetap semangat dan terus belajar untuk memasarkan aplikasi paytren. Saya ingin bertanya kepada anda. Apakah Anda pernah mengalami masalah ? baik itu  masalah kantor apalagi masalah di rumah atau di masyarakat?

Tentu saja jawabannya pernah karena orang hidup tanpa masalah seperti bermain tanpa tantangan. kurang menarik,  tapi ibarat bermain game, permasalahan ini harus kita selesaikan agar kita bisa naik ke level berikutnya. Kalau kita tetap gagal dalam permasalahan yang satu ini maka kita tidak akan naik tingkatan. pertanyaannya Bagaimanakah caranya mengatasi masalah tanpa menambah masalah di belakangnya ?

Jawabannya sangatlah mudah, akan tetapi untuk praktiknya ini kembali kepada pribadi masing-masing. karena sebenarnya terkadang permasalahan tidaklah sebesar yang kita bayangkan, permasalahan tidaklah serumit yang kita pikirkan. akan tetapi masalah kita buat besar dan kita buat rumit tanpa kita sadari.

Contoh kecil permasalahan di rumah. Masalah antara anak dan orang tuanya. misalkan saja seorang anak disuruh untuk membelikan sesuatu untuk kedua orang tuanya. misalkan saja disuruh membeli kerupuk di toko sebelah. kemudian anak ini tidak menjalankan perintahnya secara langsung tapi ditunda-tunda, kira-kira apa yang terjadi. Tentu saja orang tua akan marah. kira-kira masalah yang timbul itu akibat perbuatan diri sendiri atau orang lain, tentu saja diri sendiri, jika anak ini mengakui kesalahannya kepada orang tua kemudian meminta maaf pada orang tua dan menjalankan perintahnya maka masalah akan selesai.

Tapi apakah pada kejadian nyata akan seperti ini  ? Terus saja belum pasti, bisa jadi seorang anak ini malah menambah masalah untuk dirinya sendiri dengan apa ? membantah orang tuanya, tidak mau mengakui kesalahannya, sehingga permasalahnya semakin panjang dan besar yang memperbesar masalah siapa ?. . . dia sendiri.

Atau kalau kita mau mengambil contoh yang lebih besar yaitu ketika kita berada di tempat kerja, berada di pabrik, berada di kantor atau atau di tempat manapun kita bekerja. Ketika terjadi sebuah kesalahan. kira-kira Apakah kita akan mengakui kesalahan yang kita lakukan atau mencari orang lain yang dipersalahkan. anda pikirkan sendiri.

Ketika terjadi sebuah permasalahan kira-kira yang biasa dicari solusi atau siapa yang salah.... ? Kita berbicara pada aspek realitas,  karena pada kenyataannya orang lebih sering tidak mau mengakui kesalahan dirinya sendiri dan maunya menyalahkan orang lain dan orang lebih suka mencari Siapa yang salah ketimbang bersama-sama mencari solusi dari sebuah permasalahan.

Padahal jika kebiasaan ini terus dilakukan yang terjadi adalah masalah Tidak akan mudah diselesaikan. akan tetapi masalah akan semakin melebar dan besar. karena hampir setiap orang tidak mau disalahkan dan akhirnya terjadi kegaduhan yang merembet kemana-mana dan tentunya membuat suasana Kantor menjadi tidak nyaman, suasana pekerjaan jadi tidak nyaman, dengan rekan kerja menjadi tidak nyaman, dan akhirnya masalah akan semakin besar.

Atau Ketika anda menjadi seorang event organizer atau Panitia di sebuah kegiatan yang mana dalam kegiatan tersebut ada sebuah kesalahan teknis. kira-kira yang terjadi apakah anda akan segera saling mengintrospeksi diri untuk mencari kesalahan diri dan mengakui kesalahan yang dilakukan atau malah mencari Siapa yang disalahkan.

Jika kita tidak Berani mengakui sebuah kesalahan, tidak mau mengintrospeksi diri, tidak mau meminta maaf maka yang terjadi adalah sebuah permasalahan yang seharusnya bisa diselesaikan dengan segera akan tetapi malah menjadi besar karena egoisme kita. karena ego yang kita miliki, Karena rasa keakuan yang kita miliki. oleh karena itu Jawaban dari pertanyaan Bagaimana cara mengatasi masalah tanpa menambah masalah adalah dengan membuat refleksi diri dan tidak malu untuk mengakui kesalahan dan terus memperbaiki diri jika memang kita pernah berbuat salah dimanapun kita berada.

Yang mau berbagi kisah inspirasi dan memotivasi teman-teman yang lain. silakan tulis di kolom komentar nanti saya moderasi Karena sekarang semakin banyak spammer yang menempelkan komentar-komentar dan juga kalimat promo yang kurang bagus. sehingga saya moderasi komentar satu persatu sampai jumpa di postingan selanjutnya
 # jika ada pertanyaan Silahkan tulis di kolom komentar

Semoga bermanfaat kawan

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Cara mengatasi masalah tanpa masalah"

Posting Komentar