Berprasangka baik kepada Allah SWT.

Berprasangka baik kepada Allah SWT.

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Setiap kejadian, apapun kejadiannya. Baik kejadian kecil ataupun kejadian besar yang mengguncang kan jiwa kita. Semuanya memiliki nilai hikmahnya masing-masing. Semua memiliki pelajaran yang bisa kita petik. Semuanya mengandung nilai pengajaran dan ini adalah salah satu guru terbaik dalam kehidupan. Yang sering kita sebut sebagai pengalaman hidup.

Setiap manusia memiliki pengalamannya masing-masing. Setiap manusia memiliki cerita hidupnya masing-masing. Dan oleh karena itu maka kita harus belajar mendengarkan cerita orang lain, kita harus belajar mendengarkan pengalaman orang lain, kita juga harus belajar memetik nilai hikmah atau pelajaran dari pengalaman orang lain, selain dari pengalaman diri kita sendiri.

Ketika kita sedang mengalami cobaan atau musibah, setiap individu memiliki caranya masing-masing untuk berekspresi, untuk mengungkapkan kekecewaannya, untuk mengungkapkan rasa marahnya dan tidak jarang kita tidak menerima takdir yang  Allah berikan kepada kita. bahkan terkadang sampai menyalahkan Allah subhanahu wa ta'ala. Apakah anda pernah mengalami suatu cobaan yang membuat diri anda merasa tak berguna, merasa kenapa harus saya dan merasa anda adalah orang yang paling menderita.

Hal yang perlu kita ingat kembali adalah bahwa Allah tidak akan menguji hambanya melebihi kemampuan dari hamba tersebut dan hal yang perlu kita ingat adalah berarti kita termasuk orang yang Allah pandang kita mampu mendapat ujian tersebut dan oleh karena itu dengan potensi yang telah Allah berikan kepada kita seharusnya kita bisa melawan ujian tersebut.

Ibaratkan anak sekolah Allah lebih tahu siapa kita daripada diri kita sendiri.  Allah lebih tahu di mana level kita. apakah ujian kita ataukah diri kita masih dalam kategori ujian anak tk atau sudah masuk ke ujian tingkat sd atau bahkan sudah bisa diuji dengan tingkatan smp dan selanjutnya. Jika kita pernah menyalahkan kehidupan, menyalahkan takdir, bahkan menyalahkan sang pencipta yaitu Allah subhanahu wa ta'ala. Maka mulai saat ini mari kita sama-sama belajar untuk terus tetap berprasangka kepada Allah dengan prasangka yang baik.

Karena cintanya Allah kepada hambanya melebihi cintanya ibu kepada anak bayinya, melebihi cintanya induk burung kepada anak-anaknya. Mulai saat ini mari kita yakini bahwa segala keputusan Allah adalah yang terbaik bagi kita. oleh karena itu jika saat ini anda sedang dalam suatu permasalahan yang membuat anda mendekati putus asa. maka mulailah berfikir bahwa Allah maha kuasa atas segala sesuatu, Allah maha memecahkan masalah dan Allah selalu menerima kita kembali kapanpun itu dan sebanyak apapun kesalahan kita.

Dan jika pada saat ini anda diberi ke lapangan melihat sahabat anda yang sedang kesusahan bahkan mendekati keputusasaan. jangan engkau peroleh ketika jangan engkau turunkan semangatnya berilah motivasi dalam hidupnya karena sebenarnya manusia jika bertemu dengan manusia yang lainnya maka dia akan saling memberi, entah itu kebaikan ataupun keburukan. Oleh karena itu kita sebagai hamba Allah maka seharusnya kita memberikan yang baik-baik saja. memberikan motivasi terbaik untukmu dirinya agar bangkit, agar kembali menata hidupnya agar kembali memeluk semangat dan spirit untuk bisa berusaha dalam kehidupan yang semakin sulit ini.

Saya akhiri postingan pada pertemuan kali ini dan tentunya para pembaca lebih memahami kehidupan daripada penulis sendiri. oleh karena itu saya harapkan para pembaca sekalian bisa berbagi ilmu, inspirasi, motivasi, agar kita bisa menjadi orang-orang yang bersemangat dan berprasangka baik kepada Allah ta'ala. Allah adalah Tuhan yang maha baik kepada para hamba-nya.

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Berprasangka baik kepada Allah SWT."

Posting Komentar