Mengenal rukun islam yang lima

Mengenal rukun islam yang lima
Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh
Rukun islam sudah diajarkan sejak kita duduk di bangku sekolah dasar. namun yakinkah jika kita telah menjalankannya secara baik dan sempurna menurut pandangan syariat islam.? oleh karena itu mari kita mengingat kembali 5 rukun islam yang wajib diketahui oleh setiap muslim baik pria maupun wanita.

Rukun islam ada lima :
1. Bersaksi bahwa sesungguhnya tiada tuhan selain Allah dan nabi Muhammad adalah utusan Allah
2. Mendirikan shalat
3. Mengeluarkan zakat
4. Berpuasa pada bulan ramadhan
5. Menunaikan ibadah haji bagi orang yang mampu menunaikannya. (Safinatun Najah).

Ini adalah 5 dasar agama yang harus dilaksanakan oleh orang muslim. karena ini adalah syarat yang harus dijalankan oleh setiap muslim. Yang pertama kita bersaksi bahwa tiada tuhan yang berhak disembah selain Allah. Oleh karena itu kita tidak boleh menyekutukan Allah dengan segala sesuatu.

kita tidak boleh melakukan perbuatan syirik, kita tidak boleh menyembah berhala, kita tidak boleh menduakan Allah. Karena kita telah bersumpah, kita telah berikrar janji dengan pemantapan hati, dengan pengucapan lisan dan dengan perbuatan badan kita bawa kita bersaksi tiada ada tuhan yang patut untuk di sembah selain Allah. Tiada tuhan selain Allah dan nabi Muhammad adalah utusan Allah.

Setelah kita mengucapkan dua kalimat syahadat berarti kita telah menyatakan diri tunduk patuh kepada Allah subhanahu wa ta'ala. Setelah kita menjadi seorang muslim maka kewajiban yang kedua adalah melakukan sholat. Sholat adalah tiangnya agama. shalat adalah tanda jika kita adalah seorang muslim, sholat adalah ibadah yang membedakan kita dengan umat yang lainnya.
Sholat wajib yang harus kita laksanakan dalam setiap hari ada lima waktu yaitu dzuhur, ashar, mahgrib, isya, subuh. 5 hal ini adalah kewajiban utama yang tidak boleh kita sepelekan dan tidak boleh kita tinggalkan. karena kita telah berikrar janji dan telah menyatakan diri sebagai pribadi muslim.

Bukankah hal yang pertama kali ditanyakan ketika kita di hisab oleh Allah adalah perkara sholat. Jika baik sholat kita maka baik pula amalan yang lainnya. Namun jika buruk sholat kita maka buruk pula amalan yang lainnya. Karena sesungguhnya sholat yang baik dapat mencegah kita dari perbuatan keji dan mungkar. oleh karena itu mari kita mulai menjaga sholat, memperbaiki sholat yang kita laksanakan dalam setiap harinya.

Setelah kita melaksanakan shalat maka ada beberapa kewajiban yang lainnya yang wajib kita tunaikan di setiap tahunnya yaitu mengeluarkan zakat. Zakat bukanlah perkara yang berat. Karena kita hanya mengeluarkan sepersekian persen dari penghasilan kita. Dan itu pun kita keluarkan dalam bentuk makanan pokok. Di daerah kita makan pokoknya adalah beras dan biasanya zakat fitrah dikeluarkan dalam bentuk beras yang jumlahnya antara dua setengah kilo sampai 3 kg.

Tentunya hal ini bukanlah hal yang akan memberatkan. namun justru dengan mengeluarkan zakat kita akan memiliki empati sosial. kita akan memiliki rasa saling menyayangi dan akan memisahkan sekat antara si miskin dan sih saya, akan meningkatkan cinta kasih antar mereka. Karena zakat salah satunya juga akan diberikan kepada fakir dan miskin.

Ibadah puasa wajib dilakukan oleh siap muslim yang mampu dan tidak memiliki uzur untuk meninggalkannya. Dengan berpuasa kita bisa turut merasakan lapar. sehingga kita bisa merasakan pedihnya orang yang tidak bisa makan dalam setiap harinya. Sehingga akan menimbulkan cinta kasih antar manusia.

puasa akan menyehatkan badan dan terutama dengan berpuasa kita telah melaksanakan perintah dari Allah sebagai konsekuensi ikrar janji bahwa kita adalah hamba Allah.


Ibadah haji bagi yang mampu melaksanakannya. Haji adalah sebuah perintah bagi mereka yang telah mampu melaksanakannya. Sebagai pribadi muslim mari kita berjuang dan berusaha agar kita bisa menjalankan rukun islam yang kelima yaitu beribadah haji.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal rukun islam yang lima"

Posting Komentar