Belajar menjadi seorang penulis ala tere Liye

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Nama tere liye saya dapatkan di salah satu beranda milik sahabat. pertama kali saya membaca kalimat-kalimat yang disebarkan di beranda sahabat saya yang dibawanya terdapat rujukan disitu ditulis tere Liye. Artikel itu semacam memiliki jiwa atau artikel yang hidup yang seakan kitalah yang merasakannya.

saya mengira tere liye itu adalah seorang wanita dengan kalimatnya begitu indah dan begitu menusuk hati. akan tetapi saya mencoba masuk dan mempelajari siapa itu tere liye. dari internet saya baru menyadari jika Tere Liye adalah seorang laki-laki dan seorang penulis hebat. bahkan ternyata film hafalan shalat delisa adalah buah karya dari novel Tere liye.

filmnya itu sudah lama saya lihat. akan tetapi penulisnya baru sekarang ini saya ketahui dan mulai saat inilah saya mau dan penasaran dengan dunia tulis menulis. meskipun dahulu pernah ingin menulis akan tetapi sempat terhenti karena memang bukan seorang penulis profesional. sehingga terkadang menulis itu hanya karena waktu senggang atau karena ingin menulis aja.

Pada kesempatan ini saya mencoba mencari di youtube sebenarnya bagaimana kiat sukses dari seorang penulis handal yang novelnya bisa sampai di film kan bahkan menjadi reseller ke desa temukan dan yang menjadi tantangan berat bagi saya adalah tantangan dari belio ketika di youtube tantangannya sangat sederhana cara menulis yang paling hebat adalah dengan berlatih dan artikel ini juga media saya dalam berlatih mengungkapkan rasa menjadi sebuah kata.

Tahukah anda apa tantangannya ? tentangnya adalah minimal setiap hari menuliskan 1.000 kata dan harus anda lakukan selama lebih dari 100 hari atau kalautidak salah 120 hari dan tidak boleh berhenti.kalau anda sampai berhenti satu hari, maka anda harus mengulanginya mulai dari awal lagi.
misalkan anda telah konsisten menulis seribu kata dalam setiap hari. kemudian pada hari ini anda berhenti. maka mulai dihitung kembali hari ini adalah hari pertama dan hari yang kemarin belum terhitung terus lakukan selama 120 hari atau 180 hari berturut-turut.

Selain berlatih beliau juga menekankan tentang pentingnya sebuah sudut pandang. karena seorang penulis yang handal, seorang penulis yang hebat harus memiliki sudut pandang yang luar biasa. Sudut pandang yang berbeda dari orang yang lainnya. sebuah pandang yang sangat mengesankan dan jangan lupa anda untuk menentukan sebuah topik. Dan tentu saja hal ini sangat berbeda dengan penulis yang lainnya dan memang setiap penulis memiliki caranya masing-masing untuk menghasilkan sebuah karya. setiap orang memiliki cara yang masing-masing kita harus belajar dari para penulis. selain itu kita juga harus berkumpul dengan para penulis. Agar kita juga dapat ilmu tentang cara menulis yang baik dan benar. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.

assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Belajar menjadi seorang penulis ala tere Liye"

Posting Komentar