Dunia tidak pernah sunyi jika engkau mengerti

Jika engkau berada di tempat sunyi lagi sendiri. Dirimu akan merasa takut seakan-akan di dunia ini hanya dirimu saja dan tidak ada orang lain. ini wajar dan ini berlaku untuk semua orang termasuk diri saya sendiri. Namun padahal dunia ini tidak pernah sepi dari aktifitas.  disini saya berada di daerah pegunungan yang malam harinya sangat terasa sepi sunyi dan hanya suara jangkrik dan suara alam yang bisa saya dengarkan di sini.

Disini saya melihat rumah-rumah sudah sunyi, sudah dikunci tapi jika ketika saya pikirkan di belahan dunia sana, ketika kita mengalami malam hari mereka mengalami siang hari. hal itu terus berganti sehingga tidak pernah selesai, tidak pernah beristirahat. bumi ini tidak pernah beristirahat untuk mendengarkan aktivitas manusia.

Bahkan terkadang rumah yang  sangat sepi di dalamnya banyak aktivitas, banyak kegiatan. ketika kita merasa sunyi, ketika kita berada di pegunungan, sahabat kita yang ada di perkotaan masih membuka mata, masih beraktifitas. ada yang menjadi pedagang, ada yang menjadi pengamen dan lain sebagainya. pada titik ini saya hanya ingin menekankan bahwa dunia ini selalu ramai penuh dengan aktivitas.

Mari kita biasakan diri untuk merenung, untuk berfikir tentang arti dari kehidupan ini dan sesekali janganlah engkau tinggalkan untuk mendengarkan kesunyian, karena di saat itulah kamu bisa mendengarkan suara dari dirimu sendiri. kebanyakan manusia terlalu sering mendengarkan pendapat orang lain. hal ini menyebabkan kita hanya mengcopi sebuah pendapat dari orang lain.

jika kita tidak mau mendengarkan diri sendiri, jika kita tidak mau merenung dan mencari kebenaran yang dapat diterima oleh semua orang. maka biasanya kita hanya menduplikasikan sebuah opini tanpa tahu, tanpa sadar tanpa pemikiran dan kita hanya akan menjadi pribadi yang ikut-ikutan saja, kita hanya akan menjadi orang yang hanya menjadi pribadi yang hanya ikut meramaikan suasana.

mari sahabatku mulai sekarang kita belajar merenung, belajar mengakui kesalahan diri, dan menghentikan segala macam aktifitas yang merugikan orang lain dan diri sendiri, yaitu sebuah aktifitas mencari aib dan kesalahan orang lain. kebiasaan menyebarkan keburukan orang lain, kebiasaan mengumbar kesalahan orang lain hingga kita lupa bahwa kesalahan-kesalahan yang kita miliki.

mari merenung dan memperbaiki diri.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Dunia tidak pernah sunyi jika engkau mengerti"

Posting Komentar