Mengenal Ulama Kelas Langit yang Jarang Diketahui Oleh Orang

Mungkin judul ini bisa dianggap sebagai judul yang sangat hiperbolis. Akan tetapi jika kita mau melihatnya dari sisi yang lebih dalam maka gelar ini layak kita sandangkan kepada mereka yang mengajari kita, dasar ilmu agama yang akan berkembang menjadi ilmu-ilmu yang lebih tinggi tingkatannya.

Siapa ulama kelas langit yang saya maksud pada pembahasan ini ?

Ulama kelas langit yang saya maksud pada pembahasan ini adalah guru ngaji.  Di desa yang mengajari alif ba, turutan dan berbagai macam jenis sebutan lainnya. Kebanyakan mereka yang mengajari anak-anak untuk mengaji tidak meminta bayaran sepeserpun dari orangtua mereka.

Dia hanya mengharapkan Ridho dari Allah subhanahu wa ta'ala, ilmunya ikhlas diamalkan tanpa pamrih tanpa beban. Dari merekalah kita akan bisa menggapai ilmu yang lebih tinggi, mulai dari ilmu baca tulis Alquran, qiroat, baca kitab dan berbagai bidang ilmu lain.

Akan tetapi dasarnya adalah dari mereka, merekalah yang mengajari kita di waktu kita masih balita. Bahkan terkadang kita nakal, tidak mendengarkan ketika diajari dan beragam kenakalan anak-anak lainnya. Namun para ustad-ustad di desa ini begitu sabar mengajari anak-anak yang meskipun bukan anak mereka sendiri.

Mereka adalah pilar-pilar langit yang ditancapkan di dunia, yang menancap kuat di setiap desa. Mereka inilah filter utama yang akan mendidik manusia memiliki akhlak, moral dan adab yang bijaksana. Dari merekalah anak-anak belajar membaca Al Quran, belajar tata krama, belajar akhlak.

Oleh sebab itu kita tidak boleh menyepelekan ustad-ustad yang ada di daerah kita. Karena mereka adalah sebenar-benarnya pejuang Agama yang telah disebar secara sistematis oleh Allah subhanahu wa ta'ala untuk mengajarkan manusia-manusia di sekitarnya.

Tanpa adanya orang-orang yang ikhlas tulus seperti mereka untuk menyebarkan dan mengembangkan syiar agama Islam. Bagaimana nasib masa depan anak-anak dan cucu kita dengan serangan modernitas dan hedonitas yang semakin meningkat dan tidak bisa di bendung lagi.

Oleh sebab itu yang harus kita persiapkan adalah mentalitas baja yang berisi keimanan dan ketaqwaan serta daya nalar intelektualitas yang tinggi. Sehingga kita bisa memilih dan menyaring sesuatu yang baik dan yang buruk.

Oleh karena itu jika sebuah desa ingin maju berkembang dalam keilmuan dan keagamaannya. Hormatilah Pala Ustad dan Ulama di daerah Anda, karena mereka adalah pilar yang mengajarkan norma akhlak dan kebijaksanaan.

Kita sama-sama mengetahui tidak semua orang tua mengerti akan ilmu Agama. Oleh sebab itu harus ada orang yang menjelaskan tentang sesuatu yang haq dan bathil sehingga semuanya tidak bercampur menjadi satu hingga menjadi abu-abu.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Ulama Kelas Langit yang Jarang Diketahui Oleh Orang"

Posting Komentar