3 Hal yang Harus Anda Waspadai Ketika Merintis Sebuah Bisnis

Pentingnya Mewaspadai Permasalahan Klasik Untuk Menghindari Kebangkrutan

Mendirikan sebuah bisnis itu memang mudah, akan tetapi untuk mempertahankan bisnis agar langgeng dan terus menghasilkan profit yang optimal inilah yang sulit. Di bawah ini adalah tiga hal yang akan terjadi dan harus diwaspadai secara dini agar bisnis yang kita dirikan bisa bertahan di dalam persaingan bisnis yang semakin keras.

1. Menurunnya SDM pada karyawan.


Menurunnya sdm bisa dikarenakan kurangnya gaji atau perhatian dari seorang owner kepada karyawannya, atau juga karena banyaknya pekerjaan tambahan yang tidak diimbangi dengan insentif tambahan yang anda berikan kepada mereka.

Jika hal ini telah terjadi pada bisnis anda maka biasanya produksi dari barang maupun jasa yang ada di perusahaan anda akan menurun secara drastis. Oleh sebab itu kita harus selalu memperhatikan sdm dan etos kerja yang ada pada karyawan kita. Hal ini dimaksudkan agar produksi yang dihasilkan semakin meningkat dari waktu ke waktu.

2. Fluktuasi harga yang tidak terduga.


Sebuah bisnis bisa bangkrut hanya karena fluktuasi harga dasar dari bahan pokok yang tidak terduga, apalagi jika bisnis Anda menggunakan bahan pokok yang berbasis impor.  Untuk menghadapi fluktuasi harga yang tidak terduga Anda harus memiliki dana cadangan sebagai backup Apabila terjadi fluktuasi harga yang tidak terduga, seperti yang sudah pernah terjadi. Yaitu gejolak rupiah yang begitu tajam yang akan membuat harga barang impor melonjak di luar dugaan, untuk mengantisipasi hal kita harus memiliki dana cadangan.

3. Gejolak pasar yang selalu berubah.


Kebutuhan pasar memang terkadang tidak bisa kita duga sebelumnya. Saat kita memproduksi banyak produk, tidak kita sangka kebutuhan pasarkan, keinginan pasar pada produk kita sedang mengalami kelesuan, sehingga kita mengalami banyak kerugian.

Ketika kita memproduksi barang yang sedikit ternyata kebutuhan pasar melonjak dari kebutuhan sebelumnya, sehingga kita tidak bisa mengajar untung banyak pada saat itu. Untuk mengatasi hal diatas, kita harus melakukan riset pasar secara continue, kita harus selalu memantau keadaan pasar sebelum kita membuat sebuah produk. sehingga kita bisa mengejar laba pada saat yang tepat dan kita bisa menghindari kerugian pada saat yang tepat pula.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "3 Hal yang Harus Anda Waspadai Ketika Merintis Sebuah Bisnis"

Posting Komentar