Peralatan yang diperlukan untuk memanen jamur tiram

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh

Sahabat sekalian para pembaca blog catatan Annida yang saya hormati. Pada kesempatan yang berbahagia ini kita telah sampai pembahasan pada peralatan yang perlu kita siapkan ketika akan memanen jamur tiram. Alat yang diperlukan adalah gunting, sendok, ember, dan juga tampah (alas lebar bisa pakai  boleh diganti dengan terpal dan alas yang lain). Mari kita bahas satu persatu tentang fungsi dari alat di atas.

1. Ember

Ember digunakan untuk mempermudah anda ketika membawa jamur tiram yang telah dipetik dari baglog. ada yang perlu anda perhatikan, Ketika anda telah memetik jamur tiram pastikan anda mengibaskan jamur tiram tersebut agar tidak terlalu banyak serbuk gergaji yang terbawa dan membuat kualitas jamur tiram menurun.

2. Sendok

Sendok yang digunakan adalah bagian belakang. Akan lebih mudah jika Anda menggunakan sendok yang agak sedikit runcing. Sendok ini digunakan untuk membersihkan sisa-sisa bagian dari potongan jamur tiram yang tersisa di ujung baglog. kalau boleh saya sarankan, Ketika anda memetik satu jamur tiram maka anda harus langsung membersihkan sisa-sisa dari potongan jamur tiram tersebut sampai bersih hingga nampak kembali serbuk gergaji kayu yang masih utuh. karena jika anda tidak membersihkan potongan jamur tiram ditakutkan akan menghambat pertumbuhan jamur tiram pada panen berikutnya.

3. Tampah atau ember besar

Setelah anda memasukkan jamur tiram ke dalam ember pada petikan pertama. Langkah selanjutnya adalah menyortir dan membersihkan jamur tiram dari akar-akar nya yang biasanya terdapat banyak sekali serbuk gergaji yang menempel. Untuk mempermudah proses ini maka anda harus menuangkan jamur tiram dari ember kecil kedalam ember besar atau tampah kemudian barulah dimulai proses penyortiran.

Setelah anda sortir dan anda bersihkan jamur tiram dari berbagai macam kotoran silakan Anda timbang jamur tiram yang telah anda panen. Kemudian pasarkan ke pasar-pasar tradisional dan juga kepada konsumen yang membutuhkan. untuk postingan kali ini saya cukupkan sampai disini Semoga bisa bermanfaat, mari kita diskusi di kolom komentar. Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nb. Anda butuh ikrak dan sapu untuk membersihkan sisa serbuk gergaji dan sisa-sisa potongan dari jamur tiram. jangan sampai sisa-sisa dari jamur tiram dari serbuk gergaji berserakan di dalam kandang jamur milik anda. Karena akan membuat lingkungan Anda berbau dan akan memanggil banyak sekali hama yang akan menurunkan kualitas dan juga produksi dari jamur tiram itu sendiri.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Peralatan yang diperlukan untuk memanen jamur tiram"

Posting Komentar